Thursday, January 31, 2019

Mengenal Penyakit Impetigo dan Pencegahannya

Mengenal Penyakit Impetigo dan Pencegahannya


Pernakah anda mendengar penyakit yang bernama impetigo ? Impetigo merupakan infeksi kulit yang sangat menular dan dapat menyebabkan rasa sakit pada kulit anda. Area yang sakit akan terlihat memerah dan dapat terjadi dimanapun pada tubuh anda. Dalam beberapa kasus, impetigo terutama terjadi disekitar hidung dan mulut, dan ditangan serta kaki. Setelah pecah, area tersebut dapat mengeluarkan cairan dan kemudian menjadi kerak kuning dan cokelat.

Impetigo adalah salah satu infeksi kulit yang paling umum terjadi, terutama pada anak - anak. Impetigo jarang terjadi pada orang dewasa, dan jika terjadi, itupun biasanya bersamaan dengan kondisi kulit atau infeksi lain dan lebih sering terjadi pada pria. 

Tanda - tanda dan gejala - gejala impetigo diantaranya adalah :

  • Luka merah dan lepuh yang segera pecah dan mengeluarkan cairan selama beberapa hari, serta membentuk kerak cokelat kekuningan.
  • Luka kulit disekitar hidung, mulut, atau daerah lain.
  • Gatal dan nyeri.
  • Pada kasus yang berat, cairan dan luka yang menyakitkan berubah menjadi ulkus yang dalam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di dekat infeksi.

Bakteri merupakan salah satu penyebab impetigo. Anda dapat mengalami infeksi bakteri ketika anda terpapar oleh luka atau cairan yang terkontaminasi dari luka orang yang terinfeksi. Salah satu dari dua jenis bakteri yang bertanggung jawab menyebabkan impetigo adalah bakteri streptokokus dan bakteri staphylococcus. Bakteri masuk kedalam tubuh melalui luka terbuka yang terjadi pada kulit dan luka yang tidak terbuka karena permasalahan - permasalahan yang terjadi pada kulit seperti eksim, poison ivy, gigitan serangga, luka bakar, atau lecet.

Ada banyak faktor risiko untuk impetigo, seperti :

  • Umur. Anak - anak yang berumur 2 - 5 tahun berada pada risiko tertinggi terkena impetigo.
  • Tempat ramai. Kondisi ini dapat membuat penyakit impetigo mudah menular dari orang ke orang, seperti di sekolah - sekolah, dan pusat penitipan anak.
  • Suhu hangat dan cuaca lembap. Jenis cuaca ini adalah kondisi terbaik bagi bakteri untuk berkembang dan menyebar.
  • Rusaknya kulit. Bakteri dapat menyerang tubuh melalui luka kulit yang kecil atau kulit yang terbuka.

Anda dapat mengobati impetigo menggunakan salep atau krim antibiotic yang dapat anda oleskan langsung ke area kulit yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, anda mungkin perlu menghilangkan kulit yang mengering dengan merendam luka dalam air hangat atau kompres basah. Setelah kulit kering tersebut terlepas, antibiotic dapat menembus kulit dengan baik.

Berikut ini merupakan upaya pencegahan terhadap penyakit impetigo :

  • Menjaga kulit tetap bersih. Anda dapat melakukannya dengan mencuci luka goresan, gigitan serangga, dan luka lainnya.
  • Cuci pakaian, sprei, dan handuk orang yang terinfeksi setiap hari dan jangan menggunakan pakaian yang sama dengan orang lain dalam keluarga anda.
  • Potong kuku anak yang terinfeksi untuk mencegah kerusakan kulit akibat garukan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search