Thursday, January 31, 2019

Mengenal Phantosmia, Halusinasi Penciuman

Mengenal Phantosmia, Halusinasi Penciuman


Pernahkah anda mencium bau yang tidak diketahui sumbernya, seperti bau kentang rebus, telur busuk atau bahkan bau bunga melati padahal tidak ada benda - benda tersebut di sekitar anda ? Anda jangan berfikiran mistis dahulu, karena dalam dunia medis, kondisi tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Ketika anda mencium bau yang tidak diketahui atau tidak jelas sumbernya, bisa jadi anda mengalami phantosmia atau halusinasi penciuman. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu phantosmia, berbahayakah phantosmia, dan bagaimana cara untuk menghilangkan phantosmia.

Anda mungkin pernah mencium bau telur busuk, tetapi orang - orang disekitar anda tidak mencium bau yang sama. Karena tidak diketahui asal usulnya, anda langsung berfikiran bahwa anda sedang diikuti makhluk halus atau sejenisnya. Tetapi, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena hal ini dapat dibuktikan secara medis. Dalam dunia medis, hal ini disebut phantosmia atau halusinasi penciuman.

Phantosmia adalah suatu gangguan yang dapat membuat anda dapat mendeteksi atau mencium bau tertentu, walaupun benda tersebut tidak ada disekitar anda. Bau yang tercium tidak selalu bau busuk, tetapi dapat juga aroma wewangian. Aroma yang terhirup pun dapat terus menerus tercium saat anda berjalan atau hanya tercium sebentar lalu hilang seketika.

Kondisi phantosmia disebabkan karena beberapa hal, diantaranya :

  • Radang sinus
  • Polip hidung
  • Tumor otak
  • Epilepsi
  • Depresi
  • Penyakit Parkinson, dan sebagainya
Anda mungkin sulit membedakan apakah gangguan penciuman ini termasuk gejala phantosmia atau bukan. Dalam beberapa kasus, bau aneh yang anda hirup dapat berasal dari benda - benda disekitar anda, hanya saja bau tersebut tersamarkan. 

Bau - bau aneh tersebut mungkin berasal dari benda - benda sekitar anda, seperti :

  • Ventilasi udara yang kotor, sehingga anda mencium bau pengap yang mengganggu.
  • Tempat tidur baru.
  • AC atau pemanas baru, seringkali menimbulkan bau bahan kimia yang aneh.
  • Deodoran atau alat kosmetik baru.

Untuk memastikannya, setiap kali anda mencium bau yang terasa aneh, coba catat waktunya di jurnal. Misalkan, anda sering mencium bau - bau aneh ketika tengah malam dan rutin terjadi, hal ini mungkin dapat berasal dari kasur anda atau barang - barang di sekitar anda. Jadi, pada dasarnya munculnya bau - bau aneh pasti ada penyebabnya. Hanya saja, anda mengalami halusinasi penciuman sehingga anda merasa bau - bau tersebut tidak ada sumber pastinya.

Kabar baiknya, Phantosmia atau halusinasi penciuman bukanlah hal yang serius. Bahkan gejala ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bulan. Namun, jika hal ini sangat mengganggu aktivitas anda, Sebaiknya segera konsultasikan gejala tersebut ke dokter. Apabila gejala - gejalanya tak kunjung hilang, dokter akan memberikan obat - obatan tertentu untuk meredakan gejalanya.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search