Friday, January 18, 2019

Pemenuhan Nutrisi Berdasarkan Trimester Kehamilan

Pemenuhan Nutrisi Berdasarkan Trimester Kehamilan


Kehamilan merupakan sebuah proses perkembangan janin didalam tubuh seorang wanita. Pada masa kehamilan, seorang wanita membutuhkan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi perkembangan janin didalam tubuhnya. Apabila janin mengalami kekurangan gizi, maka bayi yang dilahirkan pun berpotensi mengalami kekurangan gizi dan menderita penyakit - penyakit akibat kurang gizi. Berikut ini akan dibahas mengenai gizi yang dibutuh oleh wanita selama masa kehamilan.

Tujuan pemberian nutrisi pada  ibu hamil adalah :

  • Memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang ada didalam kandungannya.
  • Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Mengurangi komplikasi dan resiko.
  • Mencegah terjadinya berat badan lahir rendah dan berat badan lahir sangat rendah bagi janin.
  • Menghindari dan mencegah terjadinya infeksi pada waktu kehamilan.
  • Sebagai sumber tenaga bagi ibu dan janinnya.

Pemenuhan nutrisi berdasarkan trimester kehamilan

Meskipun nutrisi selalu diperlukan bagi ibu hamil, ternyata ada waktu tertentu dalam pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin.

Trimester pertama (minggu ke 1 sampai minggu ke 12)

Pada trimester ini, janin sedang berada pada proses pembentukan dan perkembangan sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil harus tercukupi. Didalam rahim, terjadi proses pembentukan kantung janin. Agar kantung janin tidak berisi kantung saja, maka ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisinya agar tidak terjadi hamil kosong. Hamil kosong adalah suatu kondisi dimana calon janin tidak ada didalam kantung janin, sehingga rahim hanya berisi kantungnya saja.
  • Pada minggu pertama sampai minggu keempat, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori seperti daging merah dan daging unggas. Kalori diperlukan agar tubuh memiliki energy yang cukup dan supaya janin dapat berkembang pesat.
  • Minggu kelima dan minggu keenam, ibu hamil masih mengalami mual dan muntah. Mengkonsumsi sayuran hijau yang dibuat soup dalam keadaan hangat dapat menjadi pilihan makanan bagi ibu hamil. 
  • Pada minggu ketujuh dan kedelapan, Janin akan mengalami pembentukan rangka dan tubuh janin. Untuk menunjang pembentukan tulang tersebut, dibutuhkan kalsium sebanyak 1000 miligram per harinya.
  • Pada minggu ke Sembilan, ibu hamil membutuhkan vitamin C dan asam folat yang banyak. Jumlah asam folat yang harus dikonsumsi adalah 0.6 miligram tiap harinya.
  • Pada minggu ke sepuluh, ibu hamil membutuhkan nutrisi berupa protein yang mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino bermanfaat untuk membentuk otak pada janin.
  • Pada minggu ke duabelas, ibu hamil memerlukan nutrisi yang tinggi. Nutrisi itu ada pada vitamin, fungsinya adalah untuk menghindari bayi lahir cacat.


Trimester kedua (minggu ke 13 sampai minggu ke 28)

Saat memasuki fase ini, Janin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin harus meningkat dibandingkan dengan trimester sebelumnya.
  • Pada minggu ke 13 sampai minggu ke 16, ibu hail memerlukan asupan makanan sebanyak 3000 kalori setiap harinya. Kalori tersebut bermanfaat sebagai energy tambahan bagi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi coklat, teh, dan kafein.
  • Pada pada minggu ke 17 sampai minggu ke 23, ibu hamil harus mengkonsumsi banyak serat. Serat dapat ditemukan pada sayur dan buah. Ibu hamil juga harus mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari maksimal 10 gelas per hari.
  • Pada minggu ke 24 sampai minggu ke 28, ibu hamil dilarang mengkonsumsi garam yang berlebih. Konsumsilah nutrisi yang mengandung omega 3 dan juga vitamin E. Fungsinya adalah membantu kecerdasan otak janin dan juga sebagai zat antioksidan bagi ibu hamil.


Trimester ketiga (minggu ke 29 sampai minggu ke 40)

Trimester ketiga merupakan trimester terakhir kehamilan. Saat memasuki fase ini, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menyiapkan persalinan.
  • Kalori adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil sebelum proses persalinan tiba. Jumlah kalori yang dibutuhkan adalah sebanyak 70 ribu sampai 80 ribu kalori per harinya. Pada tahap ini, kalori dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.
  • Piridoksin atau vitamin B6 bermanfaat bagi ibu hamil untuk melakukan reaksi kimia sebanyak 100 kali atau bahkan lebih. Vitamin B6 juga bermanfaat dalam membantu metabolisme ibu hamil untuk memproduksi asam amino, lemak, sel darah merah, serta pembentukan karbohidrat.
  • Yodium sangat dibutuhkan ibu hamil dalam trimester ini. Yodium berfungsi untuk membentuk senyawa yang bernama tiroksin. Senyawa tiroksin sangat bermanfaat untuk mengontrol metabolisme pembentukan sel baru. Kekurangan senyawa ini dapat mengakibatkan janin tumbuh kerdil.
  • Dalam trimester ketiga, kebutuhan akan vitamin B1, B2, dan B3 harus dicukupi dan ditingkatkan. Ketiga vitamin tersebut berfungsi untuk membantu enzim dalam mengatur metabolisme system pernafasan janin dan pembentukan energy bagi janin.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search