Friday, January 18, 2019

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan


Setelah mengandung selama 9 bulan, melahirkan merupakan sebuah hal yang sangat dinantikan oleh seorang calon ibu. Tak dapat dipungkiri bahwa, proses melahirkan merupakan proses tersulit dan sangat menyakitkan. Kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal, yaitu kematian bayi dan ibunya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan.

Banyak wanita merasa khawatir tentang apa yang akan ia alami saat melahirkan. Terbayang rasa sakit saat kelahiran normal, banyak wanita yang memilih melahirkan secara Caesar. Namun, banyak juga wanita yang tetap memilih untuk melakukan kelahiran normal. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat kelahiran normal akan berganti dengan kebahagiaan, ketika melihat buah hati lahir dengan selamat.

Rasa sakit saat melahirkan disebabkan oleh kontraksi otot - otot rahim, sebagai upaya tubuh mendorong bayi keluar. Selain itu, rasa sakit ini disebabkan oleh pembukaan leher rahim sebagai jalan keluarnya bayi. Rasa sakit yang dirasakan saat melahirkan biasanya berupa kram pada perut, pangkal paha, dan punggung bawah. Anda mungkin juga merasakan tekanan pada kandung kemih, usus besar, dan perineum. Rasa sakit pada saat melahirkan dapat diminimalisir dengan cara melakukan beberapa latihan sebelum melahirkan. Berikut ini merupakan beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan :

Lamaze
Lamaze adalah salah satu teknik yang popular di amerika serikat untuk menghilangkan rasa sakit sat melahirkan. Teknik Lamaze mengajarkan bahwa melahirkan merupakan proses yang alami, normal, dan sehat. Instruktur Lamaze akan mengajarkan teknik relaksasi, cara mengtasi kelelahan fisik saat melahirkan, dan teknik gangguan. Cara ini dapat membantu anda mengenai rasa sakit saat melahirkan.

Bradley
Bradley melibatkan suami anda sebagai orang yang membantu anda melahirkan. Bahkan, suami anda butuh terlibat tidak hanya saat anda melahirkan, tetapi juga sebelum anda melahirkan. Suami anda turut terlibat dalam menjaga kesehatan anda sebelum anda melahirkan, termasuk mengawasi pola makan sehat, dan olahraga anda. Saat melahirkan, anda dan suami anda diajarkan bagaimana cara relaksasi dan pernapasan saat melahirkan.

Hypnobirth
Jika anda takut untuk melahirkan normal, mengambil kelas hypnobirth mungkin menguntungkan bagi anda. Hypnobirth adalh teknik yang bertujuan untuk menghilangkan rasa takut, cemas, dan tegang saat melahirkan. Hypnobirth juga menggunakan teknik relaksasi, pernapasan, panduan perumpamaan, visualisasi, perhitungan, dan vokalisasi.

Mengubah posisi anda saat melahirkan
Mengejan saat melahirkan tidak jauh berbeda dengan mengejan saat buang air besar. Posisi yang nyaman saat mengejan dalam proses melahirkan diperlukan untuk memperlancar kelahiran dan juga untuk meringankan rasa sakit.

Cara lain
Berikut ini merupakan hal - hal yang dapat membantu anda meringankan rasa sakit selama proses persalinan, yaitu :
  • Persiapkan fisik anda dalam kondisi yang sehat selama persalinan. Olahraga rutin saat hamil dapat membantu anda memperlancar persalinan.
  • Pelajari tentang persalinan. Mengetahui apa yang akan terjadi saat persalinan dapat membantu anda mengatasi kecemasan anda.
  • Belajar tentang teknik pernapasan saat melahirkan. Teknik pernapasan yang benar saat melahirkan dapat membantu anda mengejan saat kontraksi, sehingga melahirkan dapat lebih cepat dan lancar.
  • Gunakan hal - hal yang dapat menenangkan anda selama proses persalinan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search