Friday, January 18, 2019

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak


Anak merupakan harapan bagi setiap orang tua di dunia ini. Sebagai orang tua, tentunya kita ingin memiliki anak yang sehat, aktif, dan cerdas. Ketika menginjak usia 5 tahun, biasanya nafsu makan seorang anak mengalami naik turun.  Ketika nafsu makannya sedang naik, dia akan memakan apapun makanan yang diberikan orang tua. Tetapi, ketika nafsu makannya sedang turun, makanan apapun yang diberikan oleh orang tua, tidak akan dimakan olehnya. Biasanya anak lebih tertarik untuk bermain, sampai lupa makan, atau anak kehilangan selera makan karena suatu penyebab. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab hilangnya nafsu makan pada anak, dan cara meningkatkan nafsu makan pada anak.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak - anak kehilangan nafsu makan, yaitu :

  • Kondisi badan anak sedang tidak sehat, lesu, dan daya tahan tubuhnya sedang menurun.
  • Ada gangguan pada system pencernaannya, seperti sariawan, kembung, mual dan muntah, dan sembelit.
  • Adanya gangguan psikologis, seperti stress dengan lingkungan rumah.
  • Efek samping obat seperti antibiotika, yang dapat membuat anak malas makan karena mual.
  • Masa pemulihan setelah sakit.
  • Adanya penyakit tertentu pada anak seperti kurang gizi, anemia, tifus, dan cacingan.

Untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, orang tua perlu menerapkan beberapa tips agar nafsu makan anak kembali meningkat, seperti dibawah ini :

  • Jangan dipaksa terus. Mungkin sebagian orang tua akan melakukan pemaksaan kepada anak jika anak tidak mau makan. Padahal, cara memaksa tidak akan membuat nafsu makan bertambah, justru anak akan semakin menghindar dan menjadi malas makan. Hal terbaik yang dilakukan adalah membujuknya dengan baik agar si kecil mau makan.
  • Buat menu makanan yang bervariasi dan tampilan yang menarik. Anak bisa saja merasa bosan, apalagi jika anda selalu membuatkan menu yang sama. Sebaiknya, buatkan menu makanan yang bervariasi. Jangan lupa juga untuk selalu menyajikan makanan dengan tampilan menarik.
  • Buat jadwal makan yang rutin setiap harinya. Terapkan jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia masih kecil. Hal ini akan menolong anda ketika anak susah makan. Dengan begitu, ia sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin.
  • Berikan camilan yang sehat dan lezat. Jika anak makan terlal sedikit, anda dapat mengakalinya dengan membuat camilan yang lezat dan bergizi, seperti pudding buah maupun es buah.
  • Makan lebih sering dalam sehari. Jika anak susah makan, jangan memberikan makanan dalam porsi besar kepadanya. Alih - alih memberikan makanan dalam porsi besar, sebaiknya berikan dalam porsi sedikit tapi sering.
  • Jangan biarkan anak minum terlalu banyak ketika makan. Biasanya, anak suka terlalu banyak minum ketika makan. Hal ini akan membuatnya menjadi kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search