Friday, January 18, 2019

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Pancaroba




Sekarang ini musim selalu tidak menentu. Terkadang pagi cuaca cerah, tiba-tiba tengah hari turun hujan. Pergantian cuaca yang secara tiba-tiba ini sering disebut musim pancaroba. Yaitu, pergantian musim dari kemarau menuju musim penghujan atau sebaliknya. 

Musim pancaroba ini sering menimbulkan berbagai jenis penyakit. Mengapa bisa demikian? Karena tubuh kita terpaksa harus menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Pada musim inilah saatnya virus dan bakteri berkembang biak dengan cepat.Itulah sebabnya kita harus bisa menjaga tubuh agar tetap sehat di saat musim pancaroba sudah datang.

Berikut beberapa cara menjaga tubuh tetap sehati di musim pancaroba, di antaranya:


1.      Penuhi Nutrisi dalam tubuh kita

Jika tubuh telah cukup nutrisinya maka sistem kekebalan akan bekerja secara maksimal. Juga, terapkan pola makan bergizi.

2.      Rutin Olah raga

Olah raga tidak harus yang berat kok. Cukup beraktivitas sekali dalam sehari selama 30 menit. Yang paling penting adalah bergerak aktif, supaya mengeluarkan keringat.

3.      Konsumsi vitamin atau suplemen tubuh

Konsumsi vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena tidak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang bagus untuk musim yang tak menentu seperti sekarang.

4.      Cukup minum air

Minum air putih yang cukup juga bisa menjaga kesehatan untuk musim tak menentu. Minum sebanyak 8-10 gelas dalam sehari semalam.

5.      Selalu bawa baju hangat

Jangan lupa untuk selalu sedia baju hangat ke manapun kita pergi. Kondisi cuaca yang tidak menentu itu, terkadang pagi terang benderang, tiba-tiba siang hari turun hujan deras. Keadaan menjadi dingin, jika tidak sedia baju hangat kita akan kedinginan dan sakit.

6.      Minum teh herbal hangat

Teh herbal ini sangat bagus untuk daya tubuh. Karena itu sangat cocok jika diminum ketika musim pancaroba seperti sekarang. Teh herbal mampu menjaga ketahanan tubuh tetap stabil.

7.      Hindari suhu yang terlalu dingin

Ketika musim pancaroba atau tak menentu ini, usahakan jangan berhubungan langsung dengan suhu dingin. Maksudnya, ketika cuaca tiba-tiba berubah secara mendadak, langsung matikan AC. Jangan pernah menyalakan AC dalam cuaca dingin, agar tidak mudah terserang virus penyakit.

8.      Hindari makanan berlemak, manis, dan dingin

Di saat cuaca yang tak menentu kalau bisa jangan konsumsi makanan seperti coklat, keju, daging merah. Makanan yang digoreng, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Kenapa? Karena bisa memicu munculnya radang tenggorokan. Jika tak bisa menghindari maka kurangi porsinya, konsumsi secukupnya saja.

9.      Perbanyak makan buah dan sayuran

Buah dan sayur ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil. Karena itu cocok sekali dikonsumsi ketika musim pancaroba. Agar kita tidak gampang terserang virus penyebar penyakit. Jadi usahakan ke manapun pergi selalu bawa buah. Begitu pula di rumah, selalu sediakan buah.

10.  Cobalah untuk selalu berpikir positif

Selain kita menjaga pola hidup sehat, pikiran kita pun harus sehat. Karena tubuh yang sehat berpengaruh dari jiwa dan pikiran. Kalau kita terlalu stres dan banyak pikiran maka kondisi tubuh kita pun ikut sakit.

Berikut cara-cara tambahan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya di musim pancaroba yaitu:


1.      Konsumsi Vitamin

Vitamin sangat penting untuk daya tahan tubuh. Apalagi jika tidak bisa menjaga pola makan yang sehat. Vitamin ini untuk menjaga kestabilan sistem imun dalam tubuh. Yang sangat dianjurkan adalah konsumsi vitamin C.

2.      Pastikan untuk selalu higienis setiap hari

Pastikan tangan selalu dalam kondisi higienis, karena tangan adalah kunci dari segalanya. Selalu cuci tangan dengan sabun agar kuman-kuman yang menempel bisa hilang dan mati.

3.      Bersihkan lingkungan

Selalu bersihkan tempat-tempat yang berpotensi menyebarkan bakteri. Seperti jika air menggenang, memotong ranting atau rumput yang sudah terlalu panjang agar tidak menjadi sarang nyamuk.

4.      Makan ketika lapar

Kondisi hujan yang membuat suasana menjadi dingin menyebabkan orang gampang sekali lapar. Tak heran jika sebentar-sebentar ingin makan. Tak masalah makanlah jika memang lapar. Tetapi tetap dengan pola makan yang sehat, jangan hanya memakan camilan yang tidak ada gizinya. Juga jangan makan jika belum benar-benar lapar.

5.      Gunakan pakaian yang hangat dan tebal

      Walaupun cuaca tak menentu dan suka berubah-ubah, kita harus tetap beraktivitas untuk mencari nafkah demi keluarga. Maka, kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh. Mencegah lebih baik dari mengobati, bukan? Yuk, selagi bisa mencegah, kenapa tidak? Jangan tunggu sakit dulu, baru kita pontang-panting dan bingung sendiri. Segala penyakit memang datangnya dari Yang Maha Esa, tetapi tidak ada salahnya kita berusaha untuk menghindari dan mencegahnya.






Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search