Friday, January 18, 2019

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil

Cara Menjaga Kesehatan si Kecil



Kesehatan si kecil sangat penting bagi kita. Apabila anak sakit, maka kita juga akan merasakan sakit. Lebih baik kita sendiri yang sakit daripada melihat buah hati yang sakit. Kalau bisa rasa sakitnya dipindah pada kita. Sebab itulah, mengapa penting sekali kita menjaga tubuh sang buah hati, agar tetap sehat.

Karena itulah sebaiknya kita bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga daya tubuh tetap sehat. Menjaga daya tahan tubuh tetap stabil itu sangat penting agar si kecil bisa menjalani aktivitas sehari-sehari.

Inilah beberapa cara menjaga kesehatan si buah hati:

1. Jangan beri makanan cepat saji

Makanan cepat saji ini memang sangat nikmat, tetapi tidak sehat bagi yang suka mengkonsumsi secara terus menerus. Makanan cepat saji ini mengandung bahan kimia dan zat adiktif yang tidak bagus bagi tumbuh kembang si kecil. Karena itu sebisa mungkin jangan diberikan pada buah hati kita.

2. Selalu beri makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi

Pada masa tumbuh kembang, anak-anak sangat membutuhkan asupan yang bergizi. Makanan yang memiliki nutrisi ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Si kecil menjadi tidak mudah terserang berbagai penyakit.

3. Jauhkan dari asap rokok

Janganlah merokok di depan anak-anak, karena asapnya bisa berbahaya bagi si kecil. Memiliki racun sehingga daya tahan si kecil menurun. Selain itu asap rokok juga mempengaruhi kecerdasan otak serta perkembangannya. Baik untuk pertumbuhan maupun perkembangannya. Pertumbuhan itu adalah si kecil mengalami kenaikan berat badan dan tambah tinggi. Sedang perkembangan yaitu si kecil mengalami perubahan untuk kemampuan motoriknya, seperti perkembangan motorik kasarnya.

4. Olah raga

Bukan hanya orang tua saja yang perlu olah raga jika ingin sehat, anak-anak pun perlu. Tak perlu yang berat, bisa diajak bermain di taman, naik sepeda dan sebagainya.

5. Tidur yang cukup dan makanan dengan gizi seimbang

Tidur ini merupakan hal yang sangat penting bagi si kecil. Sebab, si kecil ini aktivitasnya sangat banyak. Sehingga mudah sekali capek dan menyebabkan daya tahannya menurun. Karena itulah sebaiknya si kecil selalu diajak tidur tepat waktu.
  • Selalu ajari cuci tangan setiap habis bermain, sebelum dan sesudah makan.
  • Beri makanan dengan gizi seimbang

Makanan dengan gizi seimbang ini sangat penting untuk kesehatan si kecil. Menurut WHO sebaiknya komposisi makanan untuk si kecil adalah 50% karbohidrat, 30% protein hewani, 10% protein nabati dan 10% sayuran hijau.

6. Selalu imunisasi sesuai jadwal dan tepat waktu

Imunisasi ini penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit yang berbahaya.

7. Kebersihan lingkungan

·        Lingkungan yang bersih ini berpengaruh bagi kesehatan si kecil. Usahakan senantiasa menjaga kebersihan rumah.

Mengapa perlu menjaga kesehatan sang buah hati kita? Karena, anak-anak ini lebih sering terkena penyakit. Dari bayi sampai usia empat tahun akan lebih sering terserang penyakit. Berbeda dari orang dewasa. Anak-anak normalnya akan mengalami sakit antara 6-8 kali dalam setahun. Mengapa demikian? Apa penyebabnya? Karena sistem imun anak-anak belum sempurna. Anak-anak juga lebih senang memasukkan segala jenis barang ke mulutnya. Terkadang memasukkan tangannya. Itulah sebabnya sering-sering cuci tangan agar kuman tidak berpindah ke tubuh melalui mulut.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh si kecil, terutama untuk para bayi. Di antaranya sebagai berikut:

1. Beri ASI ekslusif

Berikan hanya ASI saja mulai dari 0-6 bulan agar gizinya tercukupi dan membentuk sistem imun agar sempurna.
  • Selalu jaga kebersihan peralatan makan si kecil
  • Sejak mulai MPASI kenalkan buah dan sayur, agar nanti jika dewasa tidak sulit jika diberi buah.
  • Berikan madu jika anak sudah berusia 1 tahun ke atas untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Jangan lupa konsultasi ke dokter jika ada masalah tumbuh kembang si kecil.

2. Jangan pernah tinggalkan bayi sendiri

Sebagai orang tua terkadang kita suka meninggalkan bayi sendirian. Apalagi jika dia tidak menangis dan anteng, maka akan kita tinggal melakukan aktivitas dan membiarkan sendirian. Sedangkan meninggalkan bayi sendirian tanpa ada pengawasan bisa menyebabkan bahaya yang tidak pernah terduga.

3. Jangan pernah abaikan tangisan bayi

Bayi memang sering menangis, tetapi jangan pernah mengabaikannya. Karena bisa pengaruh ke psikologis anak. Pun jika menangisnya tidak seperti biasanya sebaiknya konsultasi ke dokter. Jangan dibiarkan saja.

4. Jangan abaikan ekspresi bayi

Bayi belum bisa mengatakan apa yang dia mau, jadi cara satu-satunya adalah melalui ekspresi. Sebagai orang tua harus lebih peka terhadap ekspresi anak. Merespon kemauan anak secara cepat juga bisa mempererat bonding antara ibu dan anak.

5. Jangan pernah bertengkar di depan bayi

Bertengkar di depan bayi bisa mempengaruhi kondisi psikis bayi, jadi usahakan jangan pernah bertengkar di depan bayi. Mengapa bertengkar di depan bayi bisa mengganggu psikis? Karena hormon kortisol (hormon penyebab stres) dan tekanan darah bayi bisa saja meningkat. Selain itu pola tidur si kecil bisa saja terganggu dan menjadi mudah rewel.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search