Friday, January 18, 2019

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang



Tulang merupakan suatu jaringan yang terdiri atas sel tulang, saraf, pembuluh darah, dan sumsum tulang. Tulang ini berguna sebagai penopang tubuh dan menjaga organ yang berbahaya. Seperti tulang tengkorak di kepala melindungi otak, bayangkan kalau tidak ada tengkorak di kepala akan seperti apa otak kita. Lalu, tulang rusuk di dada melindungi organ seperti jantung dan hati.

Itulah mengapa, kita jangan meremehkan kesehatan tulang. Jangan sampai kita tidak merawat tulang. Membiarkannya begitu saja, tanpa memberi makan pada tulang. Tulang sama halnya dengan perut, butuh makan.

Ada berbagai macam cara untuk itu. Di antaranya:

1. Cukupi kebutuhan Vitamin D
Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi, sebelum jam sembilan. Lewat jam sembilan, apalagi tengah hari, sinar matahari sudah tidak sehat lagi. Mengandung sinar ultraviolet yang berbahaya bagi tubuh. Cukuplah berjemur selama 10-15 menit sebelum jam sembilan pagi. Selain dari sinar matahari, tidak salahnya mengkonsumsi suplemen Vitamin D, jika khawatir kekurangan.

2. Banyak makan sayuran
Sayuran memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk menjaga tulang tetap padat. Karena bisa merangsang produksi sel-sel tulang.

3. Kurangi konsumsi kafein
Sebisa mungkin jangan terlalu banyak konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein. Mengapa? Karena bisa menyerap kalsium yang ada dalam tubuh. Seperti kopi, cokelat, dan teh, sebaiknya hindari kalau bisa. Jika tidak bisa, maka jangan lebih dari tiga cangkir dalam sehari.

4. Olah Raga yang rutin
Olah Raga ini sangat bagus untuk pertumbuhan tulang.

5. Asupan kalsium yang cukup
Kalsium ini berperan penting untuk pertumbuhan tulang. Kalsium dapat diperoleh dari makanan ataupun minuman. Sumber kalsium antara lain susu, kuning telur, kacang-kacangan (kacang almond dan kacang putih), ikan salmon, tuna, sarden, tahu, tempe, dan brokoli.

6. Hindari rokok dan konsumsi alkohol
Rokok memang bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan. Karena itulah untuk yang sudah merokok sebaiknya berhenti. Rokok ini bisa menghambat penyerapan kalsium yang ada dalam tubuh. Sehingga percuma saja memiliki cadangan kalsium jika kita tetap merokok. Sama halnya dengan rokok, alkohol juga memiliki dampak yang buruk bagi tulang. Bisa menyebabkan osteoporosis, jika terlalu sering konsumsi alkohol.

Selain cara yang saya tulis di atas, ada beberapa aktivitas yang bisa menjaga kesehatan tulang kita. Antara lain:

1. Jangan lupa selalu memperhatikan posisi saat duduk


Posisi saat duduk itu sangat berpengaruh bagi tulang. Postur tubuh yang tidak tepat bisa mempengaruhi kesehatan tulang. Terkadang bisa menyebabkan rasa pegal di leher. Karena itu, ketika hendak duduk perhatikan betul-betul posisinya. Duduklah dengan posisi yang tegak, tetapi santai. Perhatikan pula posisi kaki serta kepala, usahakan menginjak lantai dan punggung bersandar. Sehingga tulang punggung tetap nyaman meski berjam-jam duduk.

2. Usahakan tubuh tercukupi nutrisinya

Ingin tubuh memiliki tulang yang sehat dan kuat? Jika iya, maka cukupi kebutuhan nutrisinya. Jangan biarkan ia kekurangan nutrisi atau makanan yang kurang bergizi. Caranya bagaimana? Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin D dan kalsium serta Vitamin C untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

3. Selalu melakukan aktivitas di pagi hari

Beraktivitas di pagi hari ini adalah untuk mendapatkan Vitamin D, karena paparan sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan tulang.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search