Sunday, May 24, 2020

Lynestrenol : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Menstruasi

Lynestrenol : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Menstruasi

Gangguan menstruasi merupakan istilah yang merujuk pada kelainan yang terjadi dalam siklus menstruasi. Kelainan ini dapat terjadi bervariasi, mulai dari terjadinya pendarahan secara berlebihan, terlalu sedikit, nyeri hebat saat menstruasi, kacaunya siklus menstruasi, hingga tidak mengalami haid sama sekali. Pada wanita sehat, siklus menstruasi biasanya akan mulai dan berhenti pada waktu yang sama setiap bulannya. Gangguan yang dirasakan selama menstruasi-pun masih dinilai wajar, seperti kram perut dan suasana hati yang mudah berubah. Tetapi, beberapa wanita mengalami siklus menstruasi disertai dengan gejala fisik maupun psikis yang cukup mengganggu, bahkan dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan kegiatan sehari – hari.

Gangguan haid atau gangguan menstruasi merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengendalikan faktor – faktor penyebabnya.


Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  • Kehamilan dan menyusui. Siklus menstruasi yang terlewat bisa menjadi tanda awal dari kehamilan. Menyusui juga dapat menunda kembalinya haid setelah kehamilan.
  • Gangguan makan, penurunan berat badan ekstrem, dan olahraga yang terlalu banyak.
  • Mengalami sindrom PCOS.

Untuk mengatasi dan meringankan gejala  gangguan menstruasi yang anda alami, anda bisa menggunakan obat lynestrenol. Lynestrenol merupakan obat yang termasuk kedalam jenis obat hormon progestagen yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan menstruasi dan juga bisa digunakan sebagai obat kontrasepsi. Obat ini merupakan jenis obat oral yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal. Lynestrenol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis lynestrenol untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk kontrasepsi : 0,5 mg setiap hari jika digunakan tanpa tambahan hormon estrogen.
  • Dosis dewasa untuk gangguan menstruasi : 5 – 10 mg sekali sehari sebagai penggunaan secara siklus.


Dosis lynestrenol untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat lynestrenol yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya boleh digunakan oleh orang dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat lynestrenol juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat lynestrenol. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat lynestrenol, yaitu :
  • Gangguan pencernaan
  • Perubahan nafsu makan
  • Perubahan berat badan
  • Ruam
  • Urtikaria




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search