Sunday, May 24, 2020

Ketahui Jenis Makanan Yang Harus Di Penuhi Oleh Ibu Hamil Saat Sahur

Ketahui Jenis Makanan Yang Harus Di Penuhi Oleh Ibu Hamil Saat Sahur


Ketika sedang hamil atau mengandung, seorang wanita harus mendapatkan asupan gizi yang cukup baik untuk dirinya maupun untuk bayi yang ada didalam kandungannya. Hal ini karena jika kebutuhan gizi ibu hamil tidak terpenuhi, maka akan berdampak buruk pada bayi atau janin yang ada didalam kandungannya. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi maupun bayi lahir dengan berat badan rendah. Tetapi, saat bulan puasa seperti ini, asupan makanan ibu hamil tentunya dibatasi karena ibu hamil yang sedang menjalankan ibadah puasa tidak mendapatkan asupan makanan selama belasan jam dalam sehari. Jika tidak diantisipasi secara tepat, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan baik pada ibu hamil maupun pada janin yang ada didalam kandungannya.

Sebagian orang mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak melaksanakan ibadah puasa untuk sementara. Hal ini bertujuan untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan gizi harian ibu hamil. Tetapi, sebenarnya ibu hamil tetap bisa menjalankan ibadah puasa seperti biasa tanpa harus khawatir kekurangan asupan zat gizi dan nutrisi. Caranya adalah ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dimakan saat sahur. Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus memiliki berbagai kandungan zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. 


Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil saat sahur, yaitu :

1. Nasi merah

Menu sahur pertama yang harus disantap oleh ibu hamil adalah nasi merah. Nasi merah merupakan jenis nasi yang memiliki kandungan serat yang tinggi serta memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibanding dengan nasi putih. Kandungan serat yang ada pada nasi merah serta tingkat glikemik yang rendah tentunya dapat mempertahankan berat badan anda supaya tidak melonjak drastis akibat penyerapan gula yang begitu cepat. Nasi merah dibuat dari beras merah yang merupakan jenis biji – bijian utuh yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat saat hamil. Sebagai karbohidrat kompleks, nasi merah juga dapat membuat anda kenyang lebih lama dan dapat membuat anda kuat menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

2. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik karena memiliki kandungan semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur diketahui mengandung kalori, protein, dan lemak berkualitas tinggi. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang sangat bagus untuk mendukung perkembangan otak bayi dan kesehatan ibu. Asupan kolin yang rendah selama kehamilan diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat tabung syaraf yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi otak.

3. Sayur dan buah


Sayuran menjadi salah satu menu wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena sayuran memiliki berbagai kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil, terutama kandungan serat, vitamin dan mineral. Selain mengkonsumsi sayuran, ibu hamil juga diharuskan untuk mengkonsumsi buah – buahan saat sahur untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya serta untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search