Sunday, May 24, 2020

Mengenal Kondisi Kardiomegali

Mengenal Kondisi Kardiomegali


Apakah anda pernah mendengar atau mengetahui penyakit yang bernama kardiomegali ? Sebagian orang mungkin baru pertama kali mendengarnya. Kardiomegali merupakan istilah medis yang digunakan untuk menyebut kondisi pembesaran yang terjadi pada organ jantung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari masalah jantung, tekanan darah tinggi, aritmia, hingga hipertensi pulmonal. Kardiomegali bukanlah suatu penyakit tersendiri, melainkan gejala dari berbagai masalah kesehatan lainnya. Dalam beberapa kasus, kondisi kardiomegali bisa terjadi tanpa disertai dengan berbagai gejala lainnya. Kondisi ini biasanya disebut sebagai kardiomegali ringan dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Kardiomegali merupakan suatu gejala gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Tetapi, orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lebih rentan mengalami kondisi ini. Selain itu, kondisi ini lebih sering ditemukan pada orang yang berusia lanjut dibandingkan dengan orang yang berusia muda. Kondisi kardiomegali biasanya disebabkan oleh masalah atau kerusakan yang terjadi pada otot jantung atau miokardium. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, kardiomegali yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan menurunnya kemampuan jantung dalam memompa darah.


Berikut ini merupakan beberapa jenis kardiomegali yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Kardiomiopati dilatasi

Kardiomiopati dilatasi mrupakan kondisi pembengkakan jantung atau kardiomegali yang paling sering ditemui. Kondisi ini terjadi akibat dinding ruang bilik jantung menipis dan melebar.

2. Kardiomiopati hipertropik

Kondisi ini terjadi ketika otot bilik kiri jantung melebar dan menebal, sehingga aliran darah yang dipompa dari dan menuju jantung menjadi terhambat.


Pada sebagian besar kasus kardiomegali, tidak ditemukan tanda – tanda ataupun gejala khusus. Tetapi, jika kondisi kardiomegali sudah cukup parah dan jantung kesulitan untuk memompa darah, maka akan muncul beberapa tanda atau gejala sebagai berikut :

  • Sesak napas
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu
  • Kenaikan berat badan
  • Tubuh terasa lebih lelah
  • Palpitasi atau jantung berdebar lebih cepat


Kondisi kardiomegali bisa menyebabkan komplikasi atau masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak segera ditangani seperti terjadinya penyumbatan pembuluh darah hingga terjadinya henti jantung. Jadi, ketika anda mulai merasakan beberapa gejala dari kardiomegali, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sebelum memberikan obat – obatan, dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes kesehatan untuk memastikan jenis kardiomegali apa yang sedang dialami serta untuk menentukan langkah pengobatan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa jenis obat – obatan untuk mengatasi kondisi kardiomegali yang sedang dialami. Tetapi, jika kardiomegali yang dialami sudah terlanjur parah, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan prosedur operasi.


Berikut ini merupakan upaya pencegahan dan pengobatan rumahan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kondisi kardiomegali, yaitu :
  • Kurangi merokok
  • Kontrol berat badan
  • Batasi konsumsi garam
  • Rajin mengecek tekanan darah
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search