Sunday, May 24, 2020

Cara Mudah Membuat Disinfektan Rumahan

Cara Mudah Membuat Disinfektan Rumahan


Pandemi virus corona atau yang juga kita kenal dengan nama covid-19 yang sudah terjadi selama beberapa bulan ini tentunya sudah merubah perilaku sebagian besar masyarakat dunia, terutama di indonesia. Setelah adanya wabah covid-19, masyarakat telah terbiasa hidup sehat seperti selalu mengenakan masker ketika keluar rumah, selalu menggunakan hand sanitizer ketika berada diluar rumah, dan selalu menerapkan budaya cuci tangan dengan sabun ketika didalam rumah. Hal tersebut dilakukan supaya virus corona tidak dapat menempel di tubuh kita. Tetapi, hal lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah rutin menyemprotkan cairan disinfektan pada tiap sudut rumah dan perabot – perabot rumah yang sering disentuh. Virus corona atau covid-19 diketahui dapat hancur ketika terkena cairan disinfektan. Oleh karena itu, sebaiknya anda rutin menyemprotkan cairan disinfektan di rumah anda setidaknya seminggu sekali.

Disinfektan sendiri merupakan cairan yang dibuat dengan tujuan untuk membunuh mikroba. Ada cairan disinfektan yang boleh digunakan ke tubuh manusia, tetapi ada pula yang hanya boleh digunakan pada benda mati dan perabotan rumah tangga saja. Disinfektan yang bisa digunakan ke tubuh manusia umumnya memiliki harga yang cukup mahal dan tidak bisa dibuat sendiri contohnya adalah obat merah dan cairan antiseptik untuk mengobati luka. Sedangkan cairan disinfektan yang digunakan untuk  menyemprot sudut – sudut rumah dan perabot rumah tangga umumnya berbiaya murah dan bisa kita buat sendiri dirumah untuk menghemat biaya, dibandingkan jika kita membeli produks desinfektan yang sudah siap pakai, karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

Cairan disinfektan umumnya memiliki kandungan zat berbahaya yang tidak boleh disemprotkan ke tubuh manusia. Hal ini karena penyemprotan cairan deisnfektan ke tubuh manusia bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulai dari iritasi hingga gangguan pernapasan. Jadi, untuk menghilangkan virus atau kuman yang ada di tubuh manusia, sebaiknya menggunakan cairan antiseptik seperti sabun ataupun hand sanitizer. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti, virus covid-9 diketahui dapat bertahan hingga 3 hari pada permukaan benda yang terbuat dari stainless steel dan permukaan benda yang terbuat dari plastik. Tetapi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan virus di suatu tempat, termasuk temperatur udara. Oleh karena itu, penyemprotan cairan disinfektan perlu dilakukan untuk menghancurkan virus yang menempel pada berbagai benda tersebut.

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk membuat cairan disinfektan rumahan, yaitu :

Bahan dan alat :

  • Air
  • Cairan antiseptik
  • Botol semprot

Cara membuat :
  • Pilihlah cairan antiseptik yang memang diformulasikan untuk disinfektan dan tidak melewati tanggal kedaluwarsa.
  • Masukkan satu liter air ke dalam botol semprot.
  • Masukkan 4 sendok teh cairan antiseptik ke dalam botol semprot.
  • Kocok larutan hingga merata.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search