Sunday, May 24, 2020

Prednison : Obat Untuk Mengatasi Dan Meredakan Gejala Alergi

Prednison : Obat Untuk Mengatasi Dan Meredakan Gejala Alergi


Hampir semua orang pasti pernah mengalami alergi. Gejala alergi yang dirasakan oleh masing – masing orang bisa saja berbeda – beda tergantung dari penyebabnya dan tingkat keparahannya. Alergi sendiri merupakan reaksi abnormal dari sistem imun saat melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh, meskipun zat asing tersebut sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Zat asing ini kemudian dikenal dengan sebutan alergen. Ada banyak sekali alergen atau zat yang bisa menimbulkan reaksi alergi di sekeliling kita seperti makanan, serbuk bunga, obat, debu, atau udara dingin. Berbagai zat tersebut sebenarnya tidak membahayakan. Tetapi, pada orang yang mengalami alergi, sistem imun orang tersebut bereaksi secara berlebihan sehingga menimbulkan beberapa gejala alergi seperti munculnya ruam kemerahan pada kulit, bentol – bentol, hidung gatal atau berair, mata merah, bersin – bersin, dan sesak napas.

Untuk meredakan berbagai gejala alergi yang terjadi, anda bisa menggunakan obat prednison. Prednison merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan seperti arthritis, gangguan darah, masalah pernapasan, alergi parah, penyakit kulit, kanker, masalah mata, dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Obat ini termasuk kedalam jenis obat kortikosteroid yang bekerja dengan cara mengurangi respons sistem kekebalan tubuh ke berbagai penyakit untuk mengurangi gejala – gejala seperti reaksi pembengkakan atau jenis alergi. Prednison merupakan jenis obat oral yang dikonsumsi dengan cara diminum. Untuk mencegah terjadinya gangguan perut, anda bisa mengkonsumsi obat ini dengan makanan maupun dengan susu atau sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter.

Obat prednison juga tersedia dalam bentuk cair. Jadi, pastikan anda mengukur dosis dengan sendok takar obat agar dosis yang diberikan tepat. Jangan menakar obat menggunakan sendok makan, karena ukurannya bisa saja berbeda. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan berhenti menggunakan obat ini tanpa sepengetahuan dokter anda. Hal ini karena kondisi penyakit yang anda alami bisa saja semakin memburuk jika anda menghentikan penggunaan obat secara mendadak. Prednison merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis prednison untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk rheumatoid arthritis : 10 mg per hari.
  • Dosis dewasa untuk idiopatik trombositopenia purpura : 1 – 2 mg/kg berat badan per hari.
  • Dosis dewasa untuk asma akut : 40 – 60 mg/hari dalam satu dosis.


Dosis prednison untuk anak – anak
  • 1 – 2 mg/kg berat badan perhari selama 3 sampai 10 hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat prednison juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat prednison, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mulas
  • Susah tidur
  • Keringat bertambah
  • Jerawat




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search