Sunday, May 24, 2020

Mengenal Kondisi Jet Lag Beserta Cara Mengatasinya

Mengenal Kondisi Jet Lag Beserta Cara Mengatasinya


Bagi anda yang sering bepergian antar negara dengan zona waktu yang berbeda – beda, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kondisi jet lag. Mungkin anda memang belum pernah mendengar mengenai jet lag, tetapi pasti anda pernah merasakan beberapa gejalanya, seperti kurang tidur, kelelahan pada siang hari, merasa gelisah, sakit kepala, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, serta berbagai gejala lainnya. Jet lag sendiri merupakan gangguan tidur yang bisa terjadi pada siapa saja, tetapi paling sering terjadi pada orang yang sering bepergian dengan cepat melewati beberapa zona waktu yang berbeda. Kondisi jet lag bisa menyebabkan jam biologis anda terganggu dan membuat tubuh anda mengalami beberapa jenis gangguan kesehatan.

Jam biologis atau yang juga sering disebut sebagai ritme sirkardian adalah sistem yang dimiliki oleh tubuh yang bertugas untuk mengatur kapan anda harus tertidur dan terbangun. Jet lag umumnya terjadi karena jam biologis tubuh sulit beradaptasi dengan zona waktu yang baru. Jadi, semakin banyak zona waktu yang anda lewati, maka semakin besar pula risiko anda mengalami kondisi ini sesampainya di tujuan. Meskipun jet lag bukanlah kondisi kronis yang berkelanjutan dan hanya berlangsung sementara, tetapi kondisi jet lag bisa membuat seseorang mengalami kelelahan yang sangat berat. Kondisi ini sangat umum terjadi dan dapat dialami oleh siapapun tanpa memandang usia maupun gender. Tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berusia lanjut lebih berisiko mengalami jet lag dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.


Berikut ini merupakan beberapa gejala atau gangguan kesehatan yang terjadi akibat kondisi jet lag, yaitu :
  • Mengalami gangguan tidur seperti insomnia, bangun terlalu awal, atau mengantuk berlebihan
  • Kelelahan pada siang hari
  • Merasa gelisah
  • Sakit kepala
  • Dehidrasi
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Daya ingat menurun
  • Berkurangnya nafsu makan

Seseorang umumnya akan mengalami jet lag jika telah melewati setidaknya dua zona waktu. Tetapi, tubuh anda biasanya akan kembali normal dalam dua hari. Namun, jika anda mengalami perubahan zona waktu lebih dari delapan jam, maka semakin lama pula waktu yang anda perlukan untuk benar – benar pulih dari efek jet lag.


Untuk mengatasi jet lag, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut, yaitu :
  • Berolahraga ketika sampai ditempat tujuan.
  • Pilihlah penerbangan dengan waktu mendarat malam hari dan tetap bangun hingga pukul 10 malam waktu setempat.
  • Konsumsilah sedikit kafein begitu anda sampai di tempat tujuan. Tetapi, anda tidak boleh mengkonsumsi kafein setidaknya 3 – 4 jam sebelum tidur.
  • Jika anda harus tidur pada siang hari, tidurlah pada awal siang, tidak lebih dari 2 jam. Pasanglah alarm supaya anda tidak tidur terlalu lama.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search