Sunday, May 24, 2020

Ketahui Manfaat Kacang Brazil Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Kacang Brazil Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mencicipi kacang brazil? Atau, anda baru pertama kali mendengar namanya ? Kacang brazil, merupakan kacang padat energi yang kaya akan nutrisi serta memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang yang memiliki ukuran yang cukup besar ini dapat memberikan asupan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, dan dapat memenuhi kebutuhan mineral tertentu selama satu hari penuh. Meskipun tidak sepopuler kacang kenari, kacang yang berasal dari tanaman bertholletia excelsa ini juga mempunyai cita rasa dan khasiat yang tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis kacang – kacangan lainnya.

                   
Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi kacang brazil, yaitu :

1. Menjaga fungsi kelenjar tiroid
                     
Kelenjar tiroid merupakan sebuah kelenjar kecil yang memiliki bentuk seperti kupu – kupu yang terletak didepan kerongkongan. Kelenjar ini bertugas untuk mengatur fungsi – fungsi hormon penting untuk pertumbuhan, pembentukan energi, serta pengaturan suhu tubuh. Kelenjar tiroid memerlukan mineral selenium untuk dapat berfungsi dengan normal. Meskipun defisiensi selenium bisa dibilang sebagai kasus yang sangat langka, tetapi jika anda mengalaminya maka akan terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan pada kelenjar tiroid anda, seperti terjadinya kerusakan pada sel tiroid, pembesaran kelenjar, serta memicu timbulnya penyakit yang terkait dengan kelenjar tiroid.

Untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium, anda bisa mendapatkannya pada kacang brazil. Kacang brazil sangat kaya akan kandungan mineral selenium. Cukup dengan mengkonsumsi satu butir kacang brazil saja, anda sudah bisa memenuhi 175% kebutuhan selenium dalam sehari. Selain selenium, kandungan protein yang ada didalam kacang ini juga dapat memelihara fungsi kelenjar tiroid anda.

2. Membantu mengobati penyakit tiroid

Selain dapat memelihara fungsi kelenjar tiroid, kacang brazil diketahui juga dapat membantu mengobati  gangguan fungsi tiroid. Beberapa penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa kacing brazil memiliki manfaat untuk mengobati penyakit hashimoto dan penyakit grave. Penyakit hashimoto sendiri merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan tiroid sehingga penderitanya mengalami lesu, gangguan mood, serta kenaikan berat badan. Sementara itu, penyakit grave merupakan penyakit yang dapat memicu produksi hormon tiroid yang berlebih sehingga menyebabkan masalah tidur, penurunan berat badan, dan mata menonjol. Berdasarkan penelitian tersebut, kandungan selenium yang ada pada kacang brazil diketahui dapat memperbaiki mood penderita penyakit hashimoto serta dapat mengurangi gejala pada penyakit grave.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung


Kacang brazil diketahui memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh, antioksidan, serta kandungan selenium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Konsumsi kacang brazil juga dapat mempengaruhi kadar LDL dan HDL didalam tubuh. Dengan menjaga keduanya tetap berada dalam batas normal, anda dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di :



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search