Friday, January 18, 2019

Tips agar terhindar dari penyakit jantung

Tips agar terhindar dari penyakit jantung


Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang tidak menular, tetapi merupakan penyakit berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena bisa membunuh dalam waktu singkat. Dengan kata lain penyakit mematikan terbesar di seluruh dunia.

Oleh sebab itulah, sebaiknya kita menjaga kesehatan jantung kita. Sayangi jantung, agar terhindar dari penyakit yang mematikan. Agar dapat menghindari penyakit jantung, kira dapat menerapkan gaya hidup sehat. 

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan jantung :

1. Perhatikan gejala yang mungkin timbul

Memperhatikan gejala yang timbul ini berlaku bagi semua orang. Bukan hanya untuk yang terkena jantung. Karena mencegah lebih baik dari mengobati. Lalu, gejala apa yang perlu diwaspadai? Berikut gejalanya kesulitan menarik napas, sesak saat berbaring atau beraktivitas, timbul bengkak pada tangan dan kaki, serta gejala lainnya. Jika mengalami salah satu gejalanya, segera hubungi dokter.

2. Rutin Olah Raga

Biasakan selalu menjalankan aktivitas olah raga. Tidak harus lama, cukup lima kali dalam satu minggu, dengan waktu tiga puluh menit.
  • Rutin cek Tensi Darah
  • Batasi asupan kolestrol

Kolestrol ini sangat berbahaya bagi jantung. Sebab, jika asupan kolestrol terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Jadi, hindari makanan yang mengandung banyak kolestrol jahat.

3. Perbanyak minum air putih

4. Perbanyak makan buah dan sayur

5. Hindari stres yang terlalu berlebih

Di sini bukan hanya masalah penyebab stres, tetapi bagaimana merespon sesuatu. Usahakan jangan terlalu berlebih dalam merespon suatu masalah. Hadapilah dengan tenang dan sabar. Karena jika terlalu menanggapi sesuatu secara berlebih, maka tubuh akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras. Sehingga tekanan darah naik.
  • Berhenti Merokok
  • Konsumsi obat secara teratur

Ada juga beberapa jenis makanan yang dapat mencegah penyakit jantung. Jenis makanan tersebut sangat efektif. Apa saja jenisnya? Mari kita simak.

1. Berries


Buah dari keluarga berries seperti strawberry, blueberry, rasberry, cranberry atau blackberry ini bisa membantu kerja jantung secara efektis. Buah-buah jenis ini mengandung antioksidan yang tinggi.

2. Ubi Rambat

Ubi rambat ini merupakan ubi manis yang bisa mencegah penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, tidak sedrastis mentimun. Karena itu lebih efektif.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini bagus untuk jantung, tetapi bukan kacang tanah. Sebab, kacang tanah ini tinggi kolestrol. Jadi, pilihlah kacang mede atau almond. Kedua jenis kacang ini memiliki protein dan fiber yang bagus.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon ini mengandung omega 3 yang banyak, sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Jika tidak ada ikan salmon, bisa pilih ikan kakap atau tongkol putih.

5. Hati

Hati ini mengandung lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Baik hati ayam ataupun sapi.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search