Sunday, January 27, 2019

Ketahui Kandungan Gizi Pada Rajungan

Ketahui Kandungan Gizi Pada Rajungan


Ketika mendengar rajungan, yang terbayang di benak kita adalah seekor binatang yang memiliki capit, dan kadang kita menyebutnya sebagai kepiting. Padahal, antara kepiting dan rajungan berbeda. Dari tempat hidupnya, kepiting hidup di 2 jenis perairan, yaitu air tawar dan air laut, sedangkan rajungan hanya hidup di air laut. Dari bentuk tubuhnya, kepiting memiliki bentuk kaki tegak yang dapat digunakan untuk berjalan didarat, sedangkan rajungan memiliki bentuk kaki renang, yang berguna untuk memudahkan rajungan berenang di dalam air. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai kandungan gizi yang terdapat didalam daging rajungan.

Rajungan adalah hewan sejenis kepiting yang hidup di laut. Jenis ini biasanya ditemukan di di wilayah pantai yang dangkal, terutama di perairan samudera pasifik bagian barat. Rajungan merupakan salah satu jenis kepiting yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan dengan harga yang cukup mahal. Penelitian menyatakan bahwa rajungan memiliki lebih dari 1400 jenis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Daging rajungan sendiri terdiri dari 3 jenis daging, yaitu daging super bagian bawah, daging regular bagian sekat rongga berupa serpihan - serpihan, dan daging merah yang berada di capit dan kaki. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap rajungan dengan berat 100 gram, diketahui bahwa bagian tubuh yang bisa dikonsumsi hanya 45 % dari keseluruhan bagian tubuh rajungan. Meskipun hanya sedikit bagian yang dapat dikonsumsi, namun kandungan gizi rajunagn sangat besar. Kandungan gizi yang terdapat dalam rajungan diantaranya :
  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Viatmin C

Dengan kandungan gizi yang tinggi, rajungan memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan, diantaranya :


Mencerdaskan Otak

Anak - anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan laut. Karena makanan laut banyak mengandung omega 3 yang berguna untuk mencerdaskan otak. Salah satu makanan laut yang mengandung omega 3 adalah rajungan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Didalam daging rajungan terdapat mineral selenium, asam lemak omega 3 dan kandungan protein yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus.

Mencegah Penyakit Jantung

Daging rajungan memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Salah satu manfaat dari omega 3 adalah untuk mencegah penyakit jantung, yaitu dengan cara mencegah adanya kerusakan sel dan menghambat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan protein, omega 3, dan zinc merupakan perpaduan yang sangat lengkap untuk menghalau bakteri dan virus yang akan menyerang tubuh.

Meningkatkan Sirkulasi Darah


Adanya kandungan zat besi pada daging rajungan sangat membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search