Sunday, January 27, 2019

Perbandingan Gizi Ikan Laut Dengan Ikan Air Tawar

Perbandingan Gizi Ikan Laut Dengan Ikan Air Tawar


Ikan merupakan salah satu lauk pauk yang paling disenangi masyarakat. Selain karena rasanya yang lezat, ikan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ikan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu ikan laut, ikan air tawar dan ikan air payau.

Meskipun semua jenis ikan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, pernahkah anda berfikir, manakah jenis ikan yang memiliki nilai gizi yang paling tinggi ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perbandingan nilai gizi antara ikan laut dengan ikan air tawar. Sedangkan untuk ikan air payau, akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

Sebagai sumber protein hewani, ikan tak sekedar memuaskan lidah dan mengenyangkan perut, tetapi banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi ikan. Ikan salmon dan ikan tuna merupakan jenis ikan yang paling banyak dicari karena kaya akan kandungan omega 3. Omega 3 sangat berperan dalam proses perkembangan otak janin. 

Ikan memiliki beberapa kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya :

  • Asam amino seperti taurin, bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan otak balita.
  • Vitamin A dalam minyak hati ikan berguna untuk mencegah kebutaan pada anak.
  • Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  • Viatmin B6 berguna untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan saraf.
  • Yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan pada anak.
  • Selenium bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Seng bermanfaat membantu kerja enzim dan hormone.
  • Fluor berperan untuk menguatkan dan menyehatkan gizi anak.
  • Serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna dan zat besi yang mudah dicerna oleh tubuh.

Lebih Baik Mana, Ikan Laut Atau Ikan Air Tawar

Bagi masyarakat Indonesia, ikan air tawar merupakan jenis ikan yang paling banyak di konsumsi. Hal ini disebabkan karena harga yang lebih murah, serta pasokan yang lebih stabil dibandingkan dengan ikan laut. Berikut ini merupakan beberapa manfaat ikan air tawar bagi kesehatan, diantaranya :
  • Kaya akan protein. Ikan air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Meskipun kandungan proteinnya lebih rendah dari kandungan protein pada daging merah, Namun kandungan proteinnya masih lebih tinggi dari jenis kacang - kacangan. Protein bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh kita.
  • Dapat memperlancar peredaran darah. Ikan air tawar memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah.
  • Baik untuk penderita kolestrol. Ikan air tawar memiliki kandungan lemak, yaitu jenis lemak tak jenuh. Jenis lemak ini dapat membantu menyeimbangkan kandungan kolestrol baik dan juga kolestrol jahat didalam tubuh.
  • Baik untuk menjaga kesehatan mata. Ikan air tawar memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan mata anda.
  • Menjaga dan meningkatkan kekuatan struktur tulang. Ikan air tawar juga memiliki kandungan vitamin D. Viatmin D merupakan jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan struktur tulang.


Ikan Laut dikenal kaya akan lemak tak jenuh ganda yaitu DHA dan EPA, Omega 3, memiliki protein yang lengkap, mengandung berbagai jenis vitamin, dan aneka jenis mineral seperti fosfor, kalsium, natrium, selenium, seng, dan iodium. 

Berikut ini merupakan manfaat ikan laut bagi kesehatan manusia :

  • Membantu menurunkan risiko peradangan sendi. Ikan merupakan sumber selenium yang terpenting di alam. Mineral selenium mampu mengurangi risiko peradangan sendi, membantu membuat antioksidan alami, dan mencegah kerusakn DNA yang disebabkan zat kimia dan radiasi.
  • Membantu meningkatkan daya ingat. Penelitian terhadap sejumlah orang sehat yang berusia diatas 75 tahun, berisiko tinggi terkena penyakit pikun. Peneliti menemukan kemunduran memori atau ingatan, berhubungan erat dengan rendahnya kadar vitamin B12 didalam tubuh. Ikan laut memiliki kadar vitamin B12 yang cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan salmon ataupun ikan salem, terdapat vitamin B12 yang dapat memasok setengah dari kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B12.
  • Membantu menjaga system kekebalan tubuh. Ikan laut merupakan sumber protein hewani tertinggi dari semua jenis makanan. Kontribusi penting protein adalah membantu system kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
  • Membantu meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh. Setiap 100 gram ikan salmon dapat mencukupi 40 % kebutuhan tubuh terhadap niasin. Niasi nberperan pening dalam meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.
  • Membantu melawan stress dan depresi. Diantara semua jenis ikan laut, salmon, tuna dan sardens termasuk ikan dengan kadar asam lemak tertinggi. Omega 3 sendiri termasuk salah satu lemak yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk memerangi depresi.

Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ikan laut memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari ikan air tawar, tetapi karena harganya lebih murah dan mudah didapatkan, ikan air tawar lebih diminati oleh masyarakat.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search