Sunday, January 27, 2019

Kandungan Gizi Ikan Air Payau

Kandungan Gizi Ikan Air Payau


Pernahkah anda mengkonsumsi ikan bandeng ? Pasti rasanya gurih dan lezat, apalagi jika dibumbui dan diolah dengan teknik yang tepat. Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang dibudidayakan dan berhabitat di air payau. Tahukah anda apa itu air payau ? Air payau merupakan pertemuan dua jenis air yaitu antara air laut dan air sungai. Air payau biasanya banyak terdapat di sekitar muara sungai. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kandungan gizi yang terdapat pada ikan air payau.


Ada beberapa jenis ikan yang berhabitat di air payau, yaitu :


Ikan Bawal

Ikan bawal adalah sebuah keluarga ikan yang memiliki sekitar 20 spesies. Ikan ini merupakan ikan yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Ikan ini memiliki daging berwarna putih dan berasal dari perairan samudera anlantik, samudera pasifik, dan samudera hindia terutama pada perairan air payau di Indonesia dan Hawaii. Kandungan yang terdapat dalam ikan bawal adalah Fosfor, kalori, kalsium, kolestrol, lemak, protein, dan zat besi.

Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah satu - satunya spesies ikan dari keluarga chanidae yang masih ada hingga saat ini. Ikan ini berasal dari perairan sekitar samudera hindia dan samudera pasifik. Ikan bandeng yang baru menetas akan hidup di laut selama 2 - 3 minggu. Setelah itu, ikan bandeng melakukan migrasi ke air payau. Setelah dewasa, ikan bandeng kembali ke laut untuk berkembang biak. Kandungan gizi yang terdapat didalam ikan bandeng adalah energy, fosfor, kalsium, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi.

Ikan Belanak

Ikan belanak adalah salah satu spesies ikan laut tropis dan subtropics, namun tidak sedikit juga yang ditemukan di air payau. Ikan belanak memiliki bentuk tubuh yang memanjang, cenderung gepeng dan langsing. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan belanak diantaranya abu, air, asam lemak, asam lemak bebas, karbohidrat, lemak, dan protein.

Ikan Kakap Putih

Ikan kakap putih merupakan salah satu jenis ikan yang tersebar luas di wilyah hindia - pasifik barat daya, mulai dari asia tenggara hingga papua nugini dan Australia bagian utara. Selain menyukasi dasaran laut, kakap putih juga sering dijumpai di muara - muara atau air payau. Kandungan gizi yang terdapat didalam ikan kakap putih adalah energy, fosfor, kalsium, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, zat besi.

Ikan Kerapu

Ikan kerapu memiliki beberapa jenis, seperti ikan kerapu macan dan ikan kerapu muara. Ikan kerapu merupakan ikan tangkap yang popular. Ikan ini dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya. Sayangnya, ikan ini terancam punah karena rusaknya habitat. Ikan kerapu dapat hidup dalam waktu lama dibandingkan ikan lainnya, yaitu hingga 40 tahun. Ikan kerapu memiliki beberapa kandungan zat gizi, yaitu energy, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, dan zat besi.

Ikan Patin


Ikan patin atau pangasius adalah suatu genus pada ikan yang memiliki sekitar 22 spesies dengan berbagai ukuran. Spesies terbesar ikan patin dapat berukuran 2 meter, namun dipasaran ikan patin dijual dengan panjang 20 cm hingga 50 cm. Kandungan gizi yang terdapat didalam ikan patin adalah DHA, EPA, kolesterol, lemak, lemak tak jenuh.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search