Friday, February 22, 2019

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan


Ikan sapu - sapu merupakan ikan yang sering kita jumpai pada akuarium - akuarium para penggemar ikan hias. Ikan sapu - sapu bukan lah ikan hias, melainkan ikan yang dapat membersihkan aquarium secara alami dan dapat hidup berdampingan dengan ikan hias. Walupun sangat banyak ditemukan pada perairan Indonesia, ternyata ikan ini bukanlah ikan asli Indonesia, melainkan berasal dari amerika latin.

Ikan ini memiliki ketahanan hidup yang luar biasa, sehingga dapat hidup di berbagai medan, mulai dari akuarium, kolam dengan sirkulasi udara, kolam yang stagnan, danau, sungai, hingga sungai yang tercemar parah. Ikan sapu - sapu bahkan menjadi indicator tingkat keparahan pencemaran sungai, karena di alam bebas, ikan ini merupakan pemakan segala. Ikan ini dapat memakan sampah, lumpur, dan berbagai kotoran lainnya. 

Ikan sapu - sapu adalah sekelompok ikan air tawar yang berasal dari amerika latin. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga/lumut dan popular sebagai ikan pembersih akuarium. Diindonesia sendiri, ikan ini menjadi indicator pencemaran sungai, karena ikan sapu - sapu memang senang hidup di air kotor sebab makanan utama mereka yaitu alga dan sisa - sisa makanan memang terdapat pada air kotor. Jika disungai tersebut terdapat ikan sapu - sapu dalam jumlah banyak, hal tersebut mengindikasikan bahwa sungai tersebut telah mengalami pencemaran.

Berbagai macam bahaya dapat muncul akibat mengkonsumsi makanan yang menggunakan ikan sapu - sapu sebagai bahan bakunya, seperti siomay dan pempek. Seperti diketahui, banyak pedagang siomay dan pempek yang curang, kerap memakai ikan ini sebagai bahan baku makanan yang diproduksinya. Bahaya siomay atau pempek yang terbuat dari ikan sapu - sapu perlu diperhatikan bagi para penggemar makanan ini. Banyak efek buruk yang ditimbulkan jika mengkonsumsi ikan sapu-sapu. Sebab, ikan ini mengkonsumsi kotoran serta telah terkontaminasi dengan partikel berbahaya.

Berikut merupakan beberapa penyakit yang mengintai anda jika mengkonsumsi makanan yang mengandung ikan sapu - sapu :


Kerusakan otak

Mengkonsumsi ikan sapu - sapu yang tercemar logam berat dapat menyumbat aliran darah di sekitar otak. Selain itu, zat yang terkandung di dalam ikan sapu - sapu juga dapat menyebabkan iritasi, meracuni darah dan oksigen yang masuk kedalam otak. Yan gpaling mengkhawatirkan adalah makanan yang mengandung ikan sapu - sapu dapat menyebabkan kanker. Daging ikan sapu - sapu yang mengandung merkuri bersifat karsinogen dan merusak sel - sel tubuh menjadi abnormal. Sel abnormal didalam DNA dapat berubah dan itu akan menyebabkan terbentuknya sel kanker dan menyebabkan penyakit kanker.

Peradangan lambung


Siomay yang telah terkontaminasi logam berat akan mengiritasi dinding dan dasar lambung kita. Hal itu dapat memicu terjadinya peradangan dan peningkatan kadar asam lambung.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search