Friday, February 22, 2019

Mengenal Degenerasi Macula

Mengenal Degenerasi Macula


Degenerasi macula adalah gangguan mata terkait usia yang memengaruhi kemampuan untuk melihat. Degenerasi macula merupakan penyebab utama kebutaan. Degenerasi macula biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Degenerasi macula terbagi menjadi dua jenis, yaitu degenerasi macula kering dan degenerasi macula basah. Degenerasi macula adalah penyakit yang umumnya menyerang penderita yang berusia lebih dari 60 tahun. Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit ini.

Degenerasi macula adalah kondisi yang gejala dan cirinya berbeda, tergantung jenisnya :


1. Degenerasi macula kering
Gangguan penglihatan, rasa kabur saat melihat sesuatu. Saat penyakit semakin memburuk, titik redup akan muncul antara penglihatan anda dan menjadi lebih gelap.

2. Degenerasi macula basah
Gejala yang paling umum adalah Anda akan melihat penglihatan terdistorsi di pusat pandangan, misalnya garis lurus menjadi bergelombang. Atau pusat pandangan terlihat redup, dan kesulitan pandangan pun dapat terjadi.

Degenerasi macula adalah penyakit yang penyebabnya berbeda - beda, tergantung jenisnya, yaitu :


1. Degenerasi macula kering
Penyebab yang paling umum adalah lapisan macula semakin menipis dan kehilangan kemampuan untuk menjalankan fungsinya.

2. Degenerasi macula basah
Terjadi ketika pembuluh darah abnormal dibelakang retina mulai tumbuh. Pembuluh darah yang baru menyebabkan pendarahan di macula. Ini adalah alas an utma yang menyebabkan kehilangan penglihatan.


Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi degenerasi macula adalah :
  • Usia. Degenerasi macula semakin rentan pada usia lanjut.
  • Riwayat keluarga yang juga punya masalah degenerasi macula.
  • Merokok.
  • Obesitas.
  • Pola makan tidak sehat.

Degenerasi macula adalah kondisi yang dapat di obati jika telah terdeteksi sejak dini. Jika anda mengidap degenerasi macula tahap awal, anda harus mengkonsumsi vitamin, antioksidan, dan zinc. Anda juga harus berhenti merokok jika anda ingin terhindar dari degenerasi macula. Cara ini tidak akan membuat penglihatan anda dipulihkan seperti semula  tetapi berguna untuk mencegah perkembangan penyakit.

Pengobatan degenerasi macula basah termasuk operasi laser atau fungsi terapi foto dinamik. Keduanya tidak bisa menyembuhkan sepenuhnya tetapi dapat memperlambat laju kehilangan penglihatan. 


Berikut ini merupakan bentuk - bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda menghadapi degenerasi macula adalah :

  • Makan lebih banyak buah - buahan, sayuran, ikan, dan menghindari makanan tinggi lemak.
  • Jangan merokok.
  • Lakukan pemeriksaan mata berkala.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search