Sunday, February 10, 2019

Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan


Banyak orang yang telah sadar dan mengetahui tentang bahayanya rokok bagi kesehatan. Rokok yang menjadi sorotan akan bahayanya adalah rokok tembakau atau rokok tradisional. Alih - alih berhenti merokok, orang - orang justru beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik atau yang kita kenal dengan vape. Banyak yang beranggapan bahwa vape lebih aman dan lebih rendah risikonya terhadap kesehatan daripada rokok biasa. Apakah benar demikian ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bahaya rokok elektrik bagi kesehatan.

Vape atau rokok elektrik adalah salah satu jenis dari penghantar nikotin elektronik. Rokok jenis ini dirancang untuk membantu pecandu rokok tembakau mulai berhenti merokok. Dengan beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik, secara perlahan mereka belajar untuk berhenti merokok. Rokok jenis ini terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan terdapat tiga komponen utama dalam rokok elektrik, yaitu baterai, elemen pemanas, dan tabung yang berisi cairan. Cairan yang terdapat didalam tabung ini mengandung nikotin, propilen glikol, serta penambah rasa seperti rasa buah - buahan dan cokelat.

Rokok elektrik bekerja dengan cara memanaskan cairan yang ada dalam tabung dan kemudian menghasilkan uap seperti asap yang umumnya mengandung berbagai zat kimia. Pengguna menghisap zat kimia ini langsung dari corongnya. 

Dalam cairan rokok elektrik, mengandung beberapa zat, diantaranya :

  • Propilen glikol atau gliserin berfungsi untuk memproduksi uap air. Penelitian menunjukkan bahwa menghisap propilen glikol dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan pada beberapa individu.
  • Nikotin ditemukan dalam konsentrasi yang berbeda - beda dalam rokok elektrik.
  • Penambah rasa seperti rasa cokelat, vanilla, dan rasa - rasa lainnya dapat membuat pengguna rokok elektrik menikmati sensasi rasa tertentu dalam setiap hisapannya.

Rokok elektrik pada dasarnya memiliki banyak jenis, yaitu :


Jenis pen
Seperti namanya, rokok elektrik satu ini berbentuk seperti pulpen dan merupakan vape terkecil dibanding dengan jenis vape lainnya. Cara kerja vape jenis ini pada dasarnya sama dengan jenis lainnya, yaitu dengan memanaskan cairan vape agar dapat menghasilkan uap.

Jenis portable
Vaporizer jenis ini lebih besar bentuknya dibandingkan dengan jenis pen. Meski bgitu, vaporizer jenis portable masih bisa dimasukkan kedalam saku anda. Vaporizer jenis ini juga memiliki komponen yang sama dengan vaporizer jenis pen.

Jenis desktop
Vaporizer jenis ini merupakan yang terbesar dibandingkan dengan jenis vaporizer lainnya. Rokok elektrik satu ini memiliki bentuk yang besar segingga tidak dapat dibawa kemana - mana. Anda hanya dapat menggunakannya disuatu rumah atau di suatu tempat.

Beberapa bahaya vape bagi kesehatan diantaranya adalah :

  • Nikotin dalam rokok elektrik diserap oleh tubuh penggunanya dan orang - orang disekitarnya.
  • Nikotin sangat berbahaya bagi pengguna rokok elektrik yang masih muda karena berdampak negative bagi perkembangan otak.
  • Nikotin sangat membahayakan kesehatan wanita hamil dan janin yang ada didalam kandungannya.
  • Uap yang dihasilkan oleh rokok elektrik bukanlah uap air, melainkan uap nikotin yang dapat mencemari udara.
  • Uap yang dihasilkan rokok elektrik dan cairan yang ada didalam rokok elektrik merupakan zat berbahaya. Anak - anak dan orang dewasa dapat keracunan karena menelan, menghirup, atau menyerap cairan tersebut melalui kulit atau mata.
  • Rokok elektrik rawan meledak dan dapat menyebabkan cedera parah pada penggunanya jika meledak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search