Sunday, February 10, 2019

Mengenal Bakteri Penyebab Penyakit

Mengenal Bakteri Penyebab Penyakit


Didalam tubuh manusia, terdapat banyak sekali bakteri, baik itu bakteri yang bersifat menguntungkan dan membantu proses metabolisme serta pencernaan tubuh, maupun bakteri yang bersifat merugikan yang bersifat parasit dan menyebabkan berbagai gangguan dan penyakit pada tubuh. Setidaknya ada lebih dari 1 trilyun bakteri didalam tubuh kita. Bakteri - bakteri tersebut terdapat di bagian kulit, mulut, system pencernaan, serta beberapa bagian lain dalam tubuh. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia.

Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak memiliki membrane inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil yang hanya mampu dilihat dengan bantuan mikroskop. Beberapa jenis bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok bakteri lainnya dikenal dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industry. Bakteri memiliki struktur sel yang relative sederhana yaitu tanpa nucleus, kerangka sel, dan organel - organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.

Bakteri dapat ditemukan hampir di semua tempat, baik itu di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain, maupun yang bertindak sebagai parasit didalam tubuh manusia. Bakteri dapat ditemukan didalam tubuh manusia, terutama didalam saluran pencernaan yang jumlah selnya 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah total sel tubuh manusia. Bakteri juga banyak yang terdapat di dalam makanan.

Berikut ini merupakan beberapa bakteri penyebab penyakit yang berasal dari makanan yang kita makan sehari - hari, yaitu :


Escherichia coli (E coli)
Bakteri ini hidup didalam usus manusia dan usus sapi, kambing, serta domba. Karenanya, keberadaan bakteri ini bisa mengindikasikan adanya kontak dengan kotoran manusia. Bakteri E coli juga sering ditemukan pada bakteri yang kurang matang, susu segar, dan jus. Gejala kontaminasi E coli meliputi diare berat, nyeri perut, serta muntah yang berlangsung sekitar 5 - 10 hari. Untuk menghindari bakteri ini, maka masaklah daging sampai benar - benar matang, cuci buah dan sayuran dengan air mengalir sebelum dikonsumsi, dan hindari susu segar yang belum di pasteurisasi.

Campylobacter
Campylobacter jejuni adalah bakteri berbentuk spiral yang berkembang pada hewan ayam dan sapi. Bakteri ini bisa menginfeksi tanpa menyebabkan gejala penyakit. Pada manusia, bakteri campylobacter menyebabkan diare, nyeri perut, dan demam. Kebanyakan kasus infeksi memang ringan, tetapi bakteri ini bisa berakibat fatal pada anak - anak, lansia, dan orang yang menderita gangguan system imun. Cara menghindari bakteri ini adalah dengan memasak daging sampai matang, mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh daging mentah, serta membersihkan peralatan masak yang dipakai untuk mengolah daging mentah.

Listeria
Listeria monocytogenes adalah bakteri yang biasa ditemukan di tanah dan air, makanan mentah, makanan olahan, serta sus yang tidak di pasteurisasi. Seperti bakteri lain, listeria juga dapat hidup dan menyebar pada temperature dingin, seperti didalam kulkas. Gejala kontaminasi bakteri listeria antara lain demam dan menggigil, sakit kepala, mual, dan nyeri perut. Pada ibu hamil dan janin, infeksi ini bisa berbahaya.

Vibrio
Vibrio parahaemolyticus biasanya ditemukan pada seafood mentah karena ia memang hidup pada air asin. Dalam 24 jam sejak terinfeksi, seseorang akan merasakan gejala diare, mual, muntah, dan demam. Gejalanya bisa bertahan 3 hari, namun infeksi yang berat jarang terjadi.

Toksoplasma
Lebih dari 60 juta pria, wanita dan anak - anak di Amerika Serikat membawa parasit toksoplasma gondii. Tetapi jarang ada yang menunjukkan gejala karena system imun menjaga supaya parasit ini tidak menyebabkan sakit. Akan tetapi, ada juga orang yang mengalami toksoplasmosis, dengan gejala seperti akan sakit flu, yakni sakit kepala, tidak enak badan, dan demam. Pada ibu hamil, parasit ini bisa menyebabkan gangguan serius seperti kerusakan otak, mata, dan organ lain pada janin.

Salmonella

Salmonella adalah kelompok bakteri yang banyak ditemukan di telur setengah matang, daging, dan terkadang sayur dan buah yang tidak dicuci dengan bersih. Infeksi bakteri ini menyebabkan gejala demam, diare, sakit perut, dan nyeri kepala. Kebanyakan orang akan sembuh tanpa obat, tetapi infeksi salmonella dapat berakibat serius pada lansia, anak - anak, dan penderita penyakit kronik.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search