Sunday, February 10, 2019

Ketahui Beberapa Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia

Ketahui Beberapa Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia


Bakteri merupakan salah satu makhluk tak kasat mata yang dapat dibuktikan keberadaannya oleh penelitian ilmiah, selain virus. Tak kasat mata dalam bahasan ini bukanlah hal gaib atau berbau mistis, melainkan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan mikroskop karena ukurannya yang sangat kecil. Sebagian besar masyarakat umumnya menganggap bahwa semua bakteri merupakan agen penyebar penyakit. Padahal, tidak semua bakteri dapat menyebabkan penyakit. Terdapat beberapa kelompok bakteri yang bermanfaat serta menguntungkan bagi manusia. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa bakteri yang menguntungkan bagi manusia.

Dalam kehidupan sehari - hari, adanya banyak peranan bakteri yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain membantu pada proses pembuatan antibiotic oleh bakteri streptomyces griceus, streptomyces, aureofaciens, bacillus brevis, dan bacillus subtilis, ada juga bakteri yang dapat menghasilkan asam, seperti acetobacter, propionibacterium, dan clostridium butyricum. Selain dimanfaatkan untuk membuat makanan, bakteri juga dapat membantu untuk menghasilkan biogas dan mengikat nitrogen. Bakteri penghasil biogas adalah kelompok bakteroides, dan kelompok enterobactericeacea.

Berikut ini merupakan beberapa bakteri yang menguntungkan bagi manusia :


Lactobacillus achidophilus
Lactobacillus achidophilus merupakan bakteri yang paling ramah bagi manusia. Lactobacillus merupakan nama genus dan achidophilus merupakan jenisnya. Bakteri ini secara alami hadir dalam produk susu atau sengaja ditambahkan kedalam suplemen susu untuk hasil yang lebih baik.

Tobacillus achidophilus
Tobacillus achidophilus juga termasuk kedalam genus lactobacillus. Tobacillus achidophilus merupakan bakteri pecinta asam. Bakteri ini ditemukan pada buttermilk, yoghurt, sour cream, dan frozen dessert. Bakteri tobacillus achidophillus mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam laktat sehingga disebut bakteri asam laktat. Cara kerja bakteri tobacillus achidophilus adalah denga menurunkan pH dan mengurangi risiko pertumbuhan organism lain dalam makanan. Proses ini bermanfaat bagi manusia karena dapat mencegah infeksi gastrointestinal.

Cyanocobalamin
Bakteri cyanocobalamin membantu membantu produksi vitamin B12 selama proses pencernaan. Bakteri cyanocobalamin berperan sebagai probiotik. Probiotik bertanggung jawab terhadap kesehatan pencernaan secara keseluruhan karena memecah senyawa kompleks makanan sehingga mudah diserap dalam darah.

Acidophilus bifidus
Bakteri acidophilus bifidus membantu menurunkan kadar kolestrol dan membantu mencegah pertumbuhan jamur candida albicans. Bakteri acidophilus bifidus membersihkan aliran darah dengan menghilangkan racun. Oleh karena itu, bakteri ini berperan meningkatkan system kekebalan tubuh.

Flora usus

Flora usus memegang perenan penting dalam pembentukan sel - sel baru untuk regenerasi jalur usus melalui fermentasi serat makanan dan memproduksi asam lemak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search