Sunday, February 10, 2019

Pengertian virus dan Peranannya Dalam Kehidupan

Pengertian virus dan Peranannya Dalam Kehidupan


Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi didalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai virus dan peranannya dalam kehidupan.

Mengingat ukurannya yang lebih kecil dari bakteri, untuk dapat melihat virus diperlukan pemeriksaan dan pembesaran yang lebih banyak dibandingkan bakteri. Bakteri memiliki materi genetic berupa DNA, Sedangkan virus antara DNA dan RNA. Virus akan menempel di suatu sel dan mengambil alih sel tersebut untuk mengembang biakkan virus - virus lain hingga sel tersebut mati. Virus juga dapat merubah sel normal menjadi sel berbahaya untuk kesehatan.

Ketika menyerang tubuh, virus dan bakteri menunjukkan gejala infeksi yang sama, seperti demam, batuk, radang, muntah, diare dan hidung berair. Contoh penyakit yang disebabkan virus adalah influenza, sedang yang disebabkan oleh bakteri adalah typhus. Bakteri dan virus merupakan mikroba yang berbeda, maka penanganan terhadap penyakit yang disebabkan bakteri akan berbeda dengan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Banyak yang tidak ketahui mengenai peranan virus yang dapat menguntungkan serta merugikan manusia. Berikut adalah penjelasan mengenai peranan virus yang menguntungkan dan merugikan makhluk hidup :

Virus Yang Menguntungkan

Banyak yang tidak mengetahui bahwa virus yang masuk kedalam tubuh ternyata dapat dimanfaatkan, sehingga alih - alih merugikan, virus tersebut justru dapat menguntungkan. Berikut adalah penjelasan mengenai virus yang menguntungkan bagi manusia :

Membuat vaksin

Patogen didalam vaksin yang dudah dilemahkan membuatnya tidak berbahaya lagi ketika menyerang manusia. Pemberian vaksin kedalam tubuh manusia, akan membuat tubuh menghasilkan antibody terhadap pathogen yang kemungkinan akan menyerang tubuh. Beberapa contoh vaksin tersebut diantaranya adalah :
  • Vaksin MMR berfungsi sebagai pencegah penyakit cacar air, gondongan, dan campak jerman.
  • OPV berfungsi sebagai pencegah penyakit polio.
  • HZV berfungsi mencegah penyakit cacar air.
  • HBV berfungsi sebagai pencegah sakit kuning.

Pembuatan anti toksin

Upaya penggabungan DNA virus dengan DNA lain yang menguntungkan, akan mempengaruhi bakteri yang nantinya akan di infeksi. Dalam hal ini DNA virus akan digabungkan dengan DNA manusia yang mengawasi sitetis anti toksin. Selanjutnya, DNA itu oleh virus lisogenik disambungkan ke sel bakteri sehingga bakteri tersebut akan mengandung gen penghasil zat anti toksin. Bakteri yang mengandung anti toksin akan membelah diri dan menghasilkan bakteri - bakteri lainnya sehingga memiliki sivat dan gen yang sama.

Pemanvaatan virus dalam dunia kedokteran

Virus dapat dimanfaatkan untuk membuat peta kromosom yang penting dalam dunia kedokteran yang dapat membantu dunia kedokteran dalam tugasnya dalam menganalisa dan membuat terobosan baru dalam bidang kedokteran.

Virus Yang Merugikan

Setelah kita membahas mengenai virus yang menguntungkan bagi manusia, kali ini kita akan membahas virus yang merugikan bagi manusia. Berikut adalah penjelasan mengenai virus yang merugikan bagi manusia :

Hepatitis

Penyakit hepatitis biasa dikenal dengan sakit kuning. Hal ini disebabkan oleh warna kuning yang muncul pada bola mata juga kulit penderita hepatitis. Penyebab dari penyakit hepatitis adalah virus yang menyebabkan pembengkakan organ hati, sehingga empedu akan mengalir ke seluruh organ tubuh.

Influenza

Hampir sebagian besar orang pernah terjangkit penyakit influenza. Penyebab penyakit ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh virus influenza. Virus ini tidak memunculkan kekebalan terhadap tubuh penderita, karena apabila sudah terjangkit satu jenis virus influenza, maka virus tersebut berevolusi menjadi jenis lain yang dapat menyerang tubuh, Sedangkan system imun manusia, hanya mampu menangkal jenis virus yang sudah pernah menyerang tubuh.

Polio


Virus polio menyebar lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh feses. Gejala dari orang yang terjangkit penyakit polio antara lain sakit kepala, demam, mual, muntah, leher dan tulang belakang yang terasa kaku, serta meriang. Penderita polio dapat sembuh dengan penanganan yang tepat.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search