Thursday, January 31, 2019

Tips Untuk Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas

Tips Untuk Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas


Tidur merupakan kebutuhan primer setiap makhluk hidup, baik itu hewan maupun manusia. Terlebih lagi pada manusia, tidur berguna untuk merelaksasi fikiran dan mengistirahatkan otak dan mata sejenak, dari aktivitas sehari - hari. Ketika tidur, sel - sel hidup yang terdapat didalam tubuh manusia, juga ikut beristirahat sehingga hal ini dapat membantu untuk meregenerasi sel - sel tubuh yang rusak. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Secara umum, proses tidur normal diawali dengan proses mengantuk, yaitu suatu keadaan ketika kesadaran amnesia mulai berkurang, tetapi masih dapat merespon dan berinteraksi dengan sekitarnya. Pada saat mengantuk, rangsangan - rangsangan dari luar masih dapat diterima dengan mudah dan dapat membuat terbangun atau tersadar kembali. Jika proses tidur berlanjut, maka kesadaran semakin berkurang dan kemudian akan berlanjut pada tahap berikutnya yaitu tahap tidur nyenyak.

Sejak adanya alat EEG (electro encephalo graph), maka aktivitas - aktivitas yang terjadi didalam otak dapat direkam dalam suatu grafik. Penelitian mengenai mekanisme tidur mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam 10 tahun terakhir, dan bahkan para ahli telah menemukan adanya dua pola tidur, yaitu pola tidur biasa (non REM) dan pola tidur paradoksal (REM).

Pola tidur biasa (non REM)
Pada keadaan ini, sebagian organ tubuh berangsur - angsur menjadi kurang aktif, pernapasan teratur, otot mulai berelaksasi, mata dan wajah diam tanpa gerak. Fase non rem berlangsung kurang lebih 1 jam, dan pada fase ini biasanya orang masih bisa mendengarkan suara disekitarnya, sehingga dapat mudah terbangun dari tidurnya.

Pola tidur paradoksal
Pola tidur paradoksal disebut juga sebagai Rapid Eye Movement (REM). Pada fase ini, akan terjadi gerakan - gerakan mata secara cepat, denyut jantung dan pernafasan yang naik turun, dan otot - otot mengalami relaksasi total. Proses relaksasi ini sangat berguna bagi pemulihan tenaga dan penghilangan rasa lelah. Fase tidur REM berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Pada fase ini sering timbul mimpi - mimpi, mengigau, atau bahkan mendengkur.

Tips Untuk Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas

  • Jangan makan sebelum tidur, sebab pencernaan yang bekerja sering mengganggu proses tidur sehingga membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
  • Padamkan lampu, pastikan suasana hening saat anda tidur, dan aturlah suhu udara dalam ruangan sesuai dengan keinginan anda.
  • Membaca, menonton televisi, dan mengerjakan tugas diatas tempat tidur terkadang dapat membantu menghadirkan kantuk.
  • Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan nikotin selama 4 jam sebelum tidur.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search