Thursday, January 31, 2019

Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Si Kecil

Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Si Kecil


Makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu) biasanya diberikan ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Setelah bayi berusia 6 bulan, kebutuhan gizi bayi bertambah sehingga tidak cukup jika hanya mengandalkan ASI saja sebagai sumber nutrisi satu - satunya. Meskipun demikian, pemberian ASI masih diperlukan setelah bayi berusia 6 bulan hingga bayi berusia 2 tahun.

Makanan pendamping ASI merupakan makanan yang mudah dicerna dan dikonsumsi oleh bayi serta menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang sedang bertumbuh. Walaupun ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, selepas berusia 6 bulan bayi membutuhkan lebih banyak vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Kebutuhan gizi yang tinggi ini tidak dapat tercukupi jika hanya mengandalkan asupan ASI saja, tetapi harus dibarengi dengan makanan pendamping asi.

Umumnya bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI saat sudah berusia lebih dari 6 bulan. Namun, terkadang perkembangan bayi berbeda - beda pada setiap individu. Beberapa bayi mungkin sudah dapat diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI lebih dini sebelum memasuki usia 6 bulan, dan sebagian lagi mungkin lebih lambat.

Berikut ini merupakan tanda - tanda jika bayi sudah dapat diperkenalkan dengan makanan pendampimg ASI :

  • Bayi sudah tertarik dengan makanan, misalnya bayi sering memperhatikan orang sekitarnya yang sedang makan, bayi ingin meraih makanan, atau bayi membuka mulutnya ketika makanan mendekat.
  • Bayi sudah bisa menhan dan mengangkat kepalanya dengan baik.
  • Bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan.
  • Kemampuan pergerakan mulut bayi sudah baik, artinya bayi sudah bisa melakukan gerakan mengunyah dan tidak memuntahkan makanannya tetapi menelannya.
  • Bayi sudah mempunyai koordinasi yang baik.
  • Bayi sudah memiliki berat badan sebesar 2 kali berat badan lahir mereka atau mendekati itu.

Bayi yang sudah berusia minimal 4 bulan dan sudah menunjukkan tanda - tanda seperti diatas, menunjukkan bahwa bayi sudah siap untuk diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI pertamanya. Bayi yang sudah diberikan makanan padat sebelum berusia 4 bulan akan mempunyai risiko lebih tinggi terhadap obesitas. Sementara, bayi lainnya mungkin akan siap pada usia 6 bulan atau lebih lambat, sekitar usia 8 bulan.

WHO merekomendasikan untuk mulai memeberikan makanan padat pada usia 6 bulan, ini merupakan waktu tepat untuk sebagian besar bayi. Pad ausia 6 bulan bayi sudah memiliki system kekebalan tubuh dan system pencernaan yang lebih kuat, sehingga pengenalan makanan baru pada usia ini dapat mengurangi risiko bayi terhadap alergi atau infeksi dari makanan.

Makanan Pendamping ASI Terbaik

Anda dapat memperkenalkan makanan pendamping ASI secara bertahap. Mulai dari makanan dengan konsistensi yang ringan sampai lebih kental, kemudian ke makanan yang lebih bertekstur sampai makanan padat. Mulailah dengan sereal bayi yang diperkaya dengan zat besi sebanyak 1 - 2 sendok makan, anda bisa mencampurnya dengan ASI untuk mendapatkan kekentalan yang tepat.

Beberapa makanan yang dapat anda berikan saat menawarkan makanan kepada bayi pertama kali adalah :

  • Sayuran tumbuk seperti wortel, labu, kentang, dan ubi.
  • Buah tumbuk seperti apel, pir, pisang dan papaya.
  • Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi.
  • Bubur susu atau biscuit yang dihaluskan.

Setelah bayi menerima makanan pertamanya tersebut, anda dapat meningkatkan jenis makanan yang anda tawarkan, yaitu :

  • Daging tumbuk.
  • Kacang - kacangan tumbuk.
  • Sayuran yang dicampur dengan kentang atau beras yang ditumbuk.

Yang perlu diingat adalah selalu hindari penambahan garam, gula, madu atau pemanis lainnya untuk makanan bayi anda. Sertakan selalu sayuran didalam makanan bayi anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search