Monday, February 11, 2019

Mengenal Infused Water, Minuman Diet Menyehatkan

Mengenal Infused Water, Minuman Diet Menyehatkan


Bagi sebagian orang, minum air putih merupakan hal yang tidak terlalu di sukai. Padahal, banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita rutin mengkonsumsi air putih. Salah satu hal yang membuat beberapa orang lebih menyukai minuman dengan berbagai rasa dibandingkan dengan minum air putih adalah karena rasanya yang enak di lidah dan meresap hingga ke tenggorokan, walaupun hal tersebut kurang baik jika tidak dibarengi dengan mengkonsumsi air putih. Bagi anda yang kurang menyukai rasa air putih yang cenderung tidak ada rasanya, anda dapat membuat infused water. Lalu, apa itu infused water ? dan adakah manfaat infused water bagi kesehatan ? pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai infused water, cara membuat infused water, dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Jika anda termasuk orang yang menggemari minuman segar, mungkin anda sedang dilema karena sulit untuk menahan godaan untuk minum minuman yang segar, tetapi juga ingin membatasi konsumsi gula dan minuman bersoda. Infused water merupakan solusi anda yang ingin mendapatkan minuman segar tanpa pengawet dan gula berlebih.

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan berbagai macam potongan buah - buahan segar, sayuran, herbal, maupun rempah - rempah. Anda dapat membuat minuman ini sendiri di rumah. Tak ada buah, sayuran, herbal, atau rempah khusus untuk membuat infused water. Pilihan bahan - bahan tersebut disesuaikan dengan apa yang anda sukai. Minuman ini akan disimpan dalam botol air mineral dan di dinginkan didalam kulkas setidaknya 1 - 12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air. Setelah didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran yang digunakan biasanya akan menjadi lembek.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat infused water bagi kesehatan, yaitu :


Menurunkan berat badan

Lemon adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Tak heran jika kini berbagai campuran lemon sering dibuat sebagai minuman sehat, salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan infused water.

Mencegah penuaan kulit

Buah - buahan yang sering digunakan dalam infused water biasanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin C. Itulah sebabnya orang memilih buah jeruk, lemon, strawberry, kiwi, dan buah - buahan lainnya untuk campuran infused water. Kandungan antioksidan dan vitamin C terbukti dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit.

Membuang racun dalam tubuh

Tubuh anda memiliki cara sendiri untuk membuang racun dari dalam tubuh. Peran ini dijalankan oleh organ ginjal dan hati yang berperan penting untuk mengeluarkan racun melalui urine, feses, dan keringat. Untuk membantu merangsang mekanisme tersebut, anda disarankan memperbanyak minum air putih dan makan lebig banyak buah dan sayur. Infused water terbuat dari campuran air mineral, sari buah - buah, serta sayuran yang dapat merangsang serta memperlancar proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Hidrasi tubuh pengganti air putih biasa

Infused water menjadi pilihan tepat bagi anda yang tidak menyukai rasa air putih, tetapi tidak mau mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda, teh kemasan, kopi, dan jus buah kemasan. Jika anda sudah terbiasa mengkonsumsi minuman ringan karena menyukai minuman yang berperisa, anda dapat mencoba infused water. Rasa dari infused water mungkin tidak sekuat minuman ringan, tetapi infused water dapat menjadi alternative minuman berperisa yang memiliki kalori sangat rendah bahkan tidak mengandung kalori sama sekali.

Cara membuat infused water

Cara membuat infused water sangat sederhana. Yang anda butuhkan hanyalah air matang dan pilihan buah - buahan, sayur - sayuran, serta rempah - rempah yang anda sukai. Jika anda memutuskan ingin membuat infused water, anda dapat memilih jenis buah seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, apel, dan buah apapun yang anda sukai. Buah - buahan ini juga dapat ditambahkan dengan rempah - rempah seperti daun mint, jahe, kayu manis, dan sereh. Namun, pastikan anda mencuci bersih semua bahan - bahan yang akan digunakan.


Setelah dicuci hingga bersih, potong bahan - bahan yang akan anda gunakan lalu masukkan kedalam sebuah wadah. Tuangkan air matang kedalamnya. Rendam buah selama kurang lebih 1 - hingga 12 jam didalam kulkas. Sebelum disajikan, anda bisa mengeluarkan bahan - bahan tadi untuk mencegah terjadinya proses pembusukan didalam air. Jangan lupa untuk menyimpan infused water kembali didalam kulkas.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search