Monday, February 11, 2019

Tips Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Setelah Mengolah Cabai

Tips Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Setelah Mengolah Cabai


Bagi anda yang sering membuat sambal dirumah, baik itu untuk konsumsi keluarga, maupun untuk dijual, pasti sering merasakan rasa panas ditangan setelah mengolah cabai. Jika dibiarkan, ras apanas tersebut akan terus menempel dan terasa sangat mengganggu. Hal tersebut disebabkan karena cabai mengandung zat capsaicin. Senyawa inilah yang membuat tangan atau perut terasa panas dan terbakar. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk menghilangkan rasa panas ditangan setelah mengolah cabai.

Meski menghasilkan sensasi panas dan terbakar, capsaicin tidak akan membuat anda mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Ini karena molekul pada capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit disekitar tangan anda. Sebenarnya, untuk mencegah sensasi panas ditangan akibat cabai adalah dengan menggunakan sarung tangan ketika memasak. Namun, ketika hal ini dirasa merepotkan, anda dapat menghilangkan rasa panas tersebut dengan beberapa tips sebagai berikut :

Cuci tangan dengan sabun pencuci piring

Saat rasa panas mulai menyerang, segera bilas tangan anda dengan sabun pencuci piring. Gosok sabun cuci piring diseluruh bagian telapak tangan dan juga bawah kuku. Sabun cuci piring biasanya lebih mudah menghilangkan minyak pada cabai yang menempel pada tangan daripada sabun pencuci tangan biasa. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Menggosok tangan dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bagus sebagai sumber lemak yang baik untuk tubuh, tetapi juga berguna untuk menghilangkan capsaicin yang menempel di tangan. Anda hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke tangan untuk menghilangkan sisa minyak cabai yang masih menempel di tangan. Tunggu hingga satu sampai dua menit, lalu bilaslah dengan air dan sabun pencuci piring.

Rendam tangan dalam produk susu

Berbagai produk susu bersifat asam, sehingga dapat membantu mengurangi rasa panas ditangan akibat cabai. Protein susu yang disebut dengan kasein berfungsi sebagai deterjen alami yang dapat memecah capsaicin. Selain itu, berbagai produk susu juga mengandung lemak yang dapat membantu melarutkan capsaicin. Untuk mengatasi rasa panas pada tangan anda akibat cabai, cobalah rendam tangan anda dalam semangkuk susu. Diamkan selama beberapa saat hingga rasa panas mulai mereda. Kemudian bilaslah dengan air bersih.

Air garam

Tak hanya sekedar menyedapkan masakan, garam juga dapat meredam rasa panas akibat cabai pada tangan. Caranya, campurkan 1 sdm garam dengan air hangat secukupnya, lalu oleskan pada permukaan tangan sambil digosok secara perlahan, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Air beras


Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rasa panas di tangan akibat cabai adalah dengan merendam tangan dalam air beras. Lakukan cara ini selama kurang lebih 3 sampai 5 menit sambil digosok perlahan, lalu bilaslah dengan air hingga bersih.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search