Friday, March 8, 2019

Mengenal Abdominal Migraine

Mengenal Abdominal Migraine


Umumnya, kita mengenal penyakit migraine sebagai penyakit yang menyerang kepala. Gejala penyakit migraine yang menyerang kepala adalah pusing atau kepala terasa seperti berat sebelah. Tetapi, abdominal migraine bukanlah penyakit yang menyerang kepala, melainkan menyerang perut anda. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai abdominal migraine dan cara mengatasinya.

Seperti namanya, abdominal migraine adalah migraine yang terjadi bukan pada kepala, melainkan terjadi pada perut. Meskipun begitu, migraine perut sering terjadi akibat pemicu yang sama dengan sakit kepala migraine. Migraine perut bisa terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan mual, kram, bahkan muntah. Anak - anak yang anggota keluarganya memiliki migraine perut biasanya memiliki sakit kepala migraine saat mereka tumbuh dewasa. Migraine perut biasanya terjadi pada bayi, balita, anak - anak, dan remaja.

Migraine perut biasanya juga dialami oleh anak muda yang kemudian di kemudian hari akan menderita serangan migraine. Namun, sakit perut parah juga dapat terjadi dalam serangan migraine pada orang dewasa. Terkadang ini disebut migraine lambung atau migraine pada lambung. Migraine perut sering tidak terdiagnosis pada orang dewasa. Maka dari itu, saat pria dan wanita dewasa mengalaminya, syndrome atau gangguan lain akan dipertimbangkan terlebih dahulu, seperti syndrome usus, refluks lambung, atau intoleransi laktosa.

Tanda - tanda dan gejala awal dari migraine perut adalah rasa sakit di pusat tubuh anak atau disekitar pusarnya, yang disebut dengan sakit perut garis tengah. 


Beberapa tanda dan gejala lainya dari kondisi ini dapat meliputi :

  • Mual atau muntah.
  • Kulit pucat atau memerah.
  • Menguap, mengantuk, atau tidak berenergi.
  • Kehilangan nafsu makan atau tidak bisa makan.
  • Lingkaran hitam di bawah mata.

Migraine perut sering terjadi secara tiba - tiba dan cukup parah, serta tanpa tanda -tanda peringatan. Rasa sakitnya bisa menghilang setelah satu jam, atau bisa bertahan selama 3 hari. Sampai sekarang, belum diketahui secara pasti penyebab dari abdominal migraine. Satu teori menyatakan bahwa perubahan kadar dua senyawa yang dihasilkan oleh tubuh, yaitu histamine dan serotonin, adalah penyebabnya. Para ahli berpikir bahwa khawatir dan merasa sedih dapat juga menjadi pemicu.

Cara Mengobati Abdominal Migraine

Karena tidak banyak yang diketahui dari migraine perut, dokter akan mengobatinya seperti migraine pada umumnya. Mereka biasanya tidak meresepkan obat - obatan kecuali jika gejalanya sangat parah atau sering terjadi. Obat - obatan seperti rizatriptan dan sumatriptan, belum disetujui untuk digunakan pada anak - anak. Jika makanan yang menjadi pemicu migraine perut, cobalah untuk menghindari makanan tersebut. 


Namun, ini mungkin tidak akan berhasil bagi setiap orang. Anak - anak penderita migraine perut harus menjalani pola makan bernutrisi yang kaya akan serat. Kebiasaan sehat lainnya, seperti olahraga harian dan cukup tidur, dan mengajari anak cara mengendalikan emosi dan mengatasi masalah mereka juga bisa membantu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search