Sunday, March 24, 2019

Mengenal Kondisi Deviasi Septum Nasal

Mengenal Kondisi Deviasi Septum Nasal


Deviasi septum nasal adalah kondisi yang terjadi saat septum nasal (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua) anda bergeser dari garis tengah. Septum nasal yang ideal adalah persis di tengah, memisahkan bagian kiri dan kanan hidung menjadi 2 saluran dengan ukuran yang sama. Septum yang bergeser atau bengkok dapat menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung. Gejala biasanya terasa lebih buruk pada satu sisi hidung, dan terkadang bahkan terjadi pada sisi yang berlawanan dari pembengkokan. Dalam sejumlah kasus, septum yang bengkok dapat mengganggu pengeringan sinus, dan mengakibatkan infeksi sinus yang berulang. Diperkirakan 80% dari semua septum nasal berada tidak tepat ditengah, namun kondisi ini biasanya tidak disadari.

Kebanyakan kelainan bentuk septum tidak menimbulkan gejala, dan bahkan anda mungkin tidak menyadari bahwa anda memiliki septum yang menyimpang. 

Namun, sebagian kelainan bentuk septum dapat menimbulkan tanda - tanda dan gejala - gejala berikut :

  • Penyumbatan salah satu atau kedua lubang hidung. Penyumbatan ini dapat membuat untuk sulit bernapas melalui salah satu atau kedua lubang hidung. Hal ini mungkin akan lebih terlihat ketika anda mengalami pilek atau alergi yang menyebabkan saluran hidung anda membengkak dan menyempit.
  • Mimisan. Permukaan septum nasal anda bisa menjadi kering, dan meningkatkan risiko terjadinya mimisan.
  • Nyeri wajah. Meskipun ada perdebatan mengenai kemungkinan nyeri wajah karena penyebab hidung, septum yang sangat menyimpang yang berdampak pada dinding dalam hidung, ketika ada sisi yang sama dengan nyeri wajah, terkadang dianggap sebagai penyebab yang dimungkinkan.
  • Napas berisik selama tidur. Hal ini dapat terjadi pada bayi dan anak - anak usia dini yang menderita deviasi septum atau pembengkakan jaringan intranasal.
  • Kesadaran atas siklus nasal. Merupakan hal normal bagi hidung untuk gentian tersumbat di satu sisi, kemudian berubah menjadi tersumbat di sisi lainnya. Hal ini disebut siklus nasal. Siklus nasal adalah fenomena yang normal, tetapi menjadi sadar terhadap siklus nasal adalah hal yang tidak lazim dan dapat menjadi indikasi bahwa ada penyumbatan hidung dalam jumlah besar.

Deviasi septum dapat disebabkan oleh bawaan lahir maupun cedera yang terjadi pada hidung. Deviasi septum juga bisa merupakan akibat dari cedera yang menyebabkan septum nasal untuk bergeser dari posisinya. Pada bayi, cedera tersebut dapat terjadi selama proses kelahiran. Pada anak - anak dan orang dewasa, berbagai macam kecelakaan dapat menyebabkan cedera hidung dan deviasi septum. Operasi bisa menjadi pengobatan yang dianjurkan jika deviasi septum menyebabkan mimisan. Yang mengganggu atau infeksi sinus yang berulang.

Anda dapat mencegah cedera pada hidung yang dapat menyebabkan deviasi septum dengan langkah - langkah ini :

  • Gunakan helm atau masker ketika bermain olahraga dengan kontak tubuh, seperti football dan volleyball.
  • Gunakan sabuk pengaman ketika mengendarai mobil.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search