Thursday, April 11, 2019

Kenali Penyebab Kenaikan Berat Badan Yang Tidak Disengaja

Kenali Penyebab Kenaikan Berat Badan Yang Tidak Disengaja


Kenaikan berat badan yang tak disengaja dapat terjadi ketika berat badan anda bertambah meski anda tidak meningkatkan konsumsi makanan atau cairan. Hal ini terjadi secara periodik, terus menerus, dan cepat. Dalam banyak kasus, kenaikan berat badan tidak berbahaya, namun gejala - gejala yang berhubungan dengan kenaikan berat badan secara cepat dapat menandakan keadaan darurat medis. Kenaikan berat badan yang tidak disengaja dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun.

Gejala - gejala yang umum terjadi akibat kenaikan berat badan yang tidak disengaja, yaitu :
  • Ketidak nyamanan diperut
  • Nyeri perut
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Pembengkakan yang tampak diperut atau bagian tubuh lain

Kenaikan berat badan yang tidak disengaja dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :


1. Kehamilan

Selama masa kehamilan, kebanyakan wanita mengalami kenaikan berat badan seiring tumbuhnya bayi. Tambahan berat ini terdiri dari bayi, plasenta, cairan amnion, peningkatan suplai darah, dan pembesaran rahim.

2. Perubahan hormon

Antara usia 45 sampai 55, wanita memasuki masa menopause. Setelah menopause terjadi, hormon estrogen menjadi sangat rendah sehingga tidak mencukupi untuk menyebabkan menstruasi. Penurunan estrogen ini dapat membuat wanita dalam masa menopause mengalami kenaikan berat badan di sekitar daerah perut dan pinggang.

3. Menstruasi

Wanita dapat mengalami retensi air dan kembung disekitar periode haid mereka. Perubahan tingkat estrogen dan progesterone dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami kenaikan berat badan. Bentuk kenaikan berat badan ini akan hilang ketika periode menstruasi pada bulan tersebut selesai. Namun, kenaikan berat badan ini seringkali muncul kembali dibulan berikutnya ketika periode menstruasi dimulai kembali, dan terkadang selama masa ovulasi.

4. Retensi cairan

Retensi cairan dapat membuat badan, tangan, telapak kaki, wajah, atau perut terlihat bengkak. Orang yang menderita gagal jantung, gagal ginjal, atau mereka yang menggunakan obat - obatan tertentu dapat mengalami jenis kenaikan berat badan ini.


Ada banyak faktor yang dapat membuat anda berisiko mengalami kenaikan berat badan yang tak disengaja, antara lain :

  • Diabetes, berisiko diabetes, atau memiliki riwayat keluarga diabetes.
  • Usia. Metabolisme melambat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika anda makan terlalu banyak, makan makanan yang salah, atau tidak cukup berolahraga.
  • Wanita

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi kenaikan berat badan yang tidak disengaja, yaitu :

  • Diet sehat dan program latihan dapat membantu mengendalikan berat badan anda. Konsultasikanlah kepada dokter atau ahli gizi mengenai cara membuat pola makan sehat dan menentukan tujuan berat badan yang realistic.
  • Jangan berhenti menggunakan obat yang mungkin menyebabkan kenaikan berat badan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search