Thursday, April 11, 2019

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Kutu Air

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Kutu Air


Kutu air merupakan suatu kondisi dimana timbul selaput putih pada sela - sela jari kaki yang biasanya disebabkan oleh jamur. Kutu air adalah sebutan awam bagi krustasea (udang - udangan) kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air. Jika dihubungkan dengan penyakit, kutu air biasa disebut tinea pedis. Tinea pedis dikenal sebagai kutu air atau kaki atlet yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit, dan biasanya terjadi diantara jari kaki.

Kutu air sering menyerang bagian - bagian tubuh tertentu terutama pada celah jari kaki. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat anda merasa tidak nyaman dan ingin terus menggaruknya untuk menghilangkan rasa gatal. Penyakit Kutu air disebabkan oleh jamur trichophyton rubum. Jamur ini sering menyerang di sela - sela kaki, tangan, kuku kaki maupun kuku tangan, dan terkadang menyerang pada wajah dan kulit kepala. Jamur ini akan semakin tersebar apabila rasa gatal terus digaruk.

Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat membantu anda mengatasi penyakit kutu air, yaitu :


1. Cuka apel

Cara menghilangkan kutu air yang bisa dicoba pertama kali adalah menggunakan larutan cuka apel. Langkah pertama adalah mencuci kaki dengan sabun dan air hangat hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk. Kemudian campur 1 cangkir cuka dengan 4 cangkir air. Rendam kaki dengan larutan ini dua kali sehari agar kutu air di telapak kaki segara lenyap. Langkah terakhir adalah keringkan kaki dengan handuk. Ingat, jangan menggunakan handuk tersebut untuk mengeringkan bagian tubuh lainnya untuk mencegah penyebaran jamur.

2. Kayu manis

Cara mengobati kutu air secara alami lainnya adalah menggunakan kayumanis. Kayumanis dipercaya dan menghilangkan jamur penyebab kutu air. Caranya, rendam 4 atau 5 batang kayu manis kedalam 3 liter air panas. Kemudian rendam kaki anda selama beberapa menit.

3. Bawang putih

Cara mengatasi kutu air yang dapat anda lakukan dirumah adalah dengan bantuan bawang putih. Zat antiseptic yang terdapat pada bawang putih dipercaya mampu mengobati kutu air di telapak kaki. Caranya, rendamlah kaki selama 30 menit dalam air yang sudah ditambahkan tiga atau 4 siung bawang putih yang sudah di potong - potong.

4. Lemon


Lemon adalah obat kutu air alami yang dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur pada kaki. Sementara itu, aroma lemon bis amembuat jari - jari kaki menjadi harum dan segar. Cara mengobati kutu air ini hanya dengan mengoleskannya menggunakan kapas yang sudah dicampur dengan air biasa. Lakukan metode ini beberapa kali dalam sehari.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search