Wednesday, April 3, 2019

Mengenal Penyakit Bisinosis

Mengenal Penyakit Bisinosis


Setiap pekerjaan tentunya memiliki risiko, baik itu risiko kecelakaan kerja, maupun risiko mengidap gangguan penyakit akibat pekerjaan. Salah satu penyakit yang sering menyerang pekerja adalah penyakit bisinosis. Penyakit bisinosis adalah penyakit paru atau gangguan pernapasan yang terkait pekerjaan. Penyakit ini umumnya menyerang pekerja yang berada di industry pengolahan kapas, rami, atau pabrik tekstil. Kondisi ini juga dikenal dengan nama Monday fever, brown lung disease, mill fever, atau cotton worker’s lung.

Jumlah kasusnya dilaporkan menurun pada beberapa negara eropa, namun justru meningkat secara global. Penyakit ini umumnya tidak terjadi pada industry yang mengolah kapas yang telah diproses menjadi bahan, benang, atau produk lain. Di Amerika Serikat, bisinosis hampir terjadi ekslusif pada orang - orang yang bekerja dengan kapas yang belum diolah. Orang - orang yang membuka bal kapas pada tahap pertama pengolahan memiliki risiko paling tinggi untuk terkena penyakit ini. Terdapat juga jenis bisinosis yang disebut grain worker’s lung yang muncul pada orang - orang yang bekerja dengan gandum.

Tanda - tanda dan gejala penyakit ini umumnya muncul pada awal minggu dan emmbaik pada akhir minggu. Jika terpapar oleh partikel debu dalam jangka waktu yang panjang, anda dapat mengalami beberapa gejala selama seminggu penuh. Tanda - tanda dan gejala bisinosis adalah asma dan meliputi sesak pada dada, napas tersengal, dan batuk. 


Jika anda mengalami kasus yang serius, anda dapat mengalami gejala yang menyerupai flu, yaitu :
  • Demam
  • Nyeri otot dan sendi
  • Menggigil
  • Batuk kering

Telah terbukti bahwa kapas mentah dan bahan tekstil lain memiliki material biologis yang dapat memicu reaksi pada tubuh. Komponen ini meliputi endotoksin, yang merupakan produk bakteri atau tannin. Walau endotoksin bacterial kemungkinan merupakan penyebab utama, tidak ditemukan gejala serupa pada pekerja di industry lain yang terkait dengan endotoksin, sehingga membuat teori ini diragukan kebenarannya. Bisinosis dapat dicegah. Jika anda bekerja di industry yang membuat anda berisiko terkena penyakit ini, usahakanlah untuk mengenakan masker saat bekerja, terutama saat berada didekat debu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search