Wednesday, April 3, 2019

Mengenal Penyakit Anaplasmosis

Mengenal Penyakit Anaplasmosis


Penyakit anaplasmosis atau yang memiliki nama lain ehrlichiosis adalah penyakit yang biasanya diderita anjing, hewan ternak, domba, kambing, dan kuda. Namun, penyakit ini bisa ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu yang ada di hewan tersebut. Kondisi ini dulu dikenal dengan nama HGE dan dijelaskan pertama kali pada tahun 1994.

Dua penyakit yang paling utama dari anaplasmosis adalah :

  • Human monocytic ehrlichiosis (HME)
  • Human granulocytic ehrlichiosis (HGE)

Bakteri ehrlichia chaffeensis menyebabkan HME, sedangkan penyakit HGE disebabkan oleh bakteri anaplasma phagocytophilum. Penyakit ini lebih sering terjadi pada pria, dan umumnya menyerang orang - orang yang berusia diatas 40 tahun. Namun, siapapun dapat terkena kondisi ini dan pada usia berapapun.

Setelah anda terkena gigitan, gejala penyakit ini umumnya baru muncul 1 atau 2 minggu kemudian. Kemudian, penderita biasanya akan mengalami demam mendadak disertai sakit kepala, nyeri otot, menggigil, dan tubuh terasa lemas. Mual, muntah, batuk, diare, dan kehilangan nafsu makan juga akan terjadi. Akan tetapi, gejala - gejala ini seringkali diartikan sebagai gejala - gejala flu, padahal bukan.

Gigitan kutu biasanya tidak menyakitkan, dan beberapa pasien yang menderita anaplasmosis tidak ingat kapan mereka digigit. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini, bisa menular ke manusia melalui gigitan kutu. Kutu memindahkan anaplasma phagocytophilum ke manusia melalui gigitan. Kutu ini adalah kutu berkaki hitam yang bernama lxodes scapularis dan lxodes pacificus.

Ada beberapa macam faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang terkena kondisi ini, seperti berada diluar rumah selama musim panas, atau jika anda tinggal sembari mengunjungi daerah yang terdapat banyak kutu. Populasi kutu paling besar biasanya terdapat pada musim semi dan musim panas. Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan dibawah ini mungkin dapat membantu anda mengatasi penyakit anaplasmosis, yaitu :
  • Mengalami gigitan kutu yang dilanjutkan dengan demam atau sakit kepala.
  • Gejala anaplasmosis dapat hilang dengan sendirinya dalam 2 bulan tanpa pengobatan.
  • Selalu mengenakan pakaian berwarna terang ketika berada didaerah yang diserang kutu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search