Wednesday, April 3, 2019

Mengenal Penyakit Edema Idiopatik

Mengenal Penyakit Edema Idiopatik


Edema idiopatik merupakan pembengkakan yang penyebabnya tidak diketahui. Pembengkakan dapat terjadi sewaktu - waktu atau berlangsung dalam waktu yang lama. Edema biasanya terjadi pada wanita dewasa, namun bisa bertambah parah seiring dengan bertambahnya usia. Banyak wanita melaporkan pembengkakan terjadi diwaktu - waktu tertentu setiap bulannya, dan biasanya terjadi sebelum haid. Gejala - gejala dari edema idiopatik diantaranya tangan, kaki, perut, payudara atau bahkan wajah sedikit membengkak. Biasanya terlihat lebih bengkak di sore atau malam hari, namun membaik dipagi hari saat bangun tidur.

Pembengkakan akibat retensi air biasanya disebabkan oleh cairan yang bocor dari pembuluh darah kecil ke jaringan tubuh. Tidak diketahui penyebab kebocoran ini. Edema biasanya lebih terasa setelah berdiri lama, karena ada tekananlebih dipembuluh darah kaki dibanding jika anda berbaring. Bepergian jarak jauh atau duduk dalam waktu yang lama juga bisa memicu pembengkakan.

Penyebab tubuh anda menyimpan air berlebih juga adalah jumlah garam di tubuh. Saat tubuh menyimpan banyak garam, ia juga akan menyimpan lebih banyak cairan sehingga terkadang menyebabkan pembengkakan. Penyebab lain dari pembengkakan namun sulit untuk didiagnosis adalah perilaku makan berlebihan yang diselang seling dengan diet ketat. Ini bisa menyebabkan tubuh menyimpan banyak air.

Edema idiopatik lebih sering terjadi pada penderita diabetes, orang yang kegemukan, dan orang yang memiliki masalah emosional, termasuk depresi. Di temukan pula hubungan antara edema dengan perilaku tidak sehat untuk menurunkan berat badan seperti penggunaan diuretic, obat pencahar, atau merangsang diri untuk memuntahkan makanan. 

Beberapa cara berikut ini bisa mencegah edema dan mengurangi pembengkakan yang telah terjadi di tubuh anda, yaitu :

1. Hindari berdiri terlalu lama

Jika pekerjaan anda mengharuskan anda berdiri dalam jangka waktu lama, gunakan support stocking. Support stocking adalah stocking khusus untuk mencegah dan mengatasi pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

2. Hindari berat badan berlebih

Kebanyakan orang yang mengalami edema memiliki berat badan berlebih. Mengurangi berat badan bisa mengatasi edema anda. Namun, pastikan berat badan anda turun secara bertahap, bukan secara drastic.

3. Batas konsumsi garam

Edema biasanya akan membaik dengan cepat jika anda menghindari atau mengurangi asupan garam. Batasi jumlah garam yang anda tambahkan ke dalam masakan, dan hindari makanan cepat saji karena biasanya mengandung banyak garam.

4. Perbanyak makanan sumber kalium


Mengonsumsi makanan tinggi kalium bisa mengurangi kadar garam di dalam tubuh, sehingga mengurangi pembengkakan. Buah - buahan merupakan sumber kalium terbaik, terutama pisang dan tomat. Tetapi, hindarilah mengkonsumsi suplemen kalium.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:


Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search