Wednesday, April 3, 2019

Mengenal Kondisi Foot Drop Dan Cara Menanganinya

Mengenal Kondisi Foot Drop Dan Cara Menanganinya


Foot drop adalah ketidak mampuan untuk mengangkat bagian depan kaki. Hal ini menyebabkan jari - jari kaki terseret ditanah saat berjalan. Foot drop bukanlah suatu penyakit, namun foot drop merupakan suatu pertanda dari masalah saraf, otot, atau anatomi. Kadang foot drop hanyalah sementara. Pada kasus lain, foot drop merupakan kondisi permanen. Jika anda memiliki foot drop, anda mungkin memerlukan penahan pada pergelangan kaki untuk menahan posisi kaki yang normal.

Kondisi foot drop membuat sulit untuk mengangkat bagian depan kaki, sehingga kaki terseret dilantai saat anda berjalan. Akibatnya, anda mungkin mengangkat paha saat anda berjalan, seperti sedang menaiki tangga. Cara berjalan seperti ini dapat menyebabkan anda menepakkan kaki ke lantai pada setiap langkah anda. Pada beberapa kasus, kulit pada bagian atas kaki dan jari - jari kaki dapat terasa mati rasa. Foot drop umumnya hanya memengaruhi satu kaki. Tergantung pada penyebabnya, ada kemungkinan kedua kaki dapat mengalami kondisi ini.


Footdrop disebabkan oleh kelemahan atau kelumpuhan otot yang terlibat saat mengangkat bagian depan kaki. Penyebab foot drop dapat bervariasi, dan meliputi :

1. Cedera saraf

Penyebab utama foot drop adalah kompresi saraf pada kaki yang mengendalikan otot yang berperan untuk mengangkat kaki. Saraf ini juga dapat cedera saat operasi penggantian panggul atau lutut, yang dapat menyebabkan foot drop. Orang - orang dengan diabetes lebih rentan terhadap kelainan saraf, yang terkait dengan foot drop.

2. Kelainan otot atau saraf

Berbagai jenis dari distrofi otot, penyakit turunan yang menyebabkan kelemahan otot progressif, dapat berkontribusi terhadap foot drop. Kelainan lain, seperti polio atau charcot marie tooth disease juga dapat menyebabkan foot drop.

3. Kelainan otak dan saraf tulang belakang

Kelainan yan gmemengaruhi saraf tulang belakang atau otak seperti amyotrophic lateral sclerosis, multiple sclerosis atau stroke dapat menyebabkan stroke.


Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kondisi foot drop yaitu :

  • Menyilangkan kaki. Orang - orang yang memiliki kebiasan menyilangkan kaki dapat menekan saraf peroneal pada kaki yang berada di atas.
  • Berlutut terlalu lama. Pekerjaan yang melibatkan jongkok atau berlutut terlalu lama, seperti memetik stroberi atau memasang lantai dapat menyebabkan foot drop.
  • Menggunakan gips pada kaki. Gips dari plester yang mengelilingi pergelangan kaki hingga dibawah lutut dapat memberikan tekanan pada saraf peroneal.

Perawatan pada foot drop tergantung pada penyebabnya. Apabila penyebab berhasil diatasi, foot drop dapat membaik atau bahkan menghilang. Apabila penyebab tidak dapat diatasi, foot drop kemungkinan merupakan kondisi permanen. 


Perawatan spesifik untuk foot drop dapat meliputi :
  • Penahan atau splint. Penahan pada pergelangan kaki atau splint yang sesuai pada sepatu dapat membantu menahan posisi normal kaki.
  • Terapi fisik. Olahraga yang memperkuat otot kaki dan menjaga rentang pergerakan pada lutut dan pergelangan kaki dapat memperbaiki masalah cara berjalan yang terkait dengan foot drop. Latihan peregangan penting untuk mencegah bertambahnya kekakuan pada tumit.
  • Stimulasi saraf. Menstimulasi saraf yang mengangkat kaki dapat memperbaiki kondisi foot drop.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan penobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi foot drop, yaitu :

  • Jaga lantai agar tidak berantakan.
  • Hindari karpet.
  • Pindahkan kabel listrik dari tempat berjalan.
  • Pastikan ruangan dan tangga cukup terang.
  • Pasang pita neon pada bagian atas dan bawah anak tangga.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:


Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search