Monday, April 22, 2019

Mengenal Penyakit Kalazion

Mengenal Penyakit Kalazion


Kalazion adalah kondisi dimana kelopak mata atas atau kelopak mata bawah memiliki tumor dan mengalami pembengkakan yang disebabkan karena tersumbatnya kelenjar sebaceous. Penyakit kalazion memiliki beberapa jenis tipe, yaitu lipatan dalam dan susut luar. Susut luar adalah kondisi dimana terdapatnya bintil merah keras dikelopak mata, yang berukuran seperti kacang. Sementara itu, lipatan dalam tidak mudah dikenali karena bintil tumor terletak dibagian dalam kelopak mata.

Kalazion memiliki gejala yang sangat mirip dengan phony disease (peradangan kelenjar sebaceous pada kelopak mata) tetapi pada kelopak mata sering terlihat tumor yang lebih kecil tanpa rasa sakit. Kalazion dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Namun, pasien perlu berobat ke dokter, karena penyakit ini dapat menghalangi penglihatan. Kalazion adalah penyakit mata yang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi anak - anak lebih rentan mengalami kondisi ini karena mereka sering mengucek mata.

Kalazion adalah kondisi yang memiliki gejala seperti adanya beban dari dalam mata atau bintik - bintik tumor merah pada kelopak mata. Bintil tumor berkembang secara bertahap tetapi tidak terasa sakit. Kalazion adalah kondisi yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak dikelopak mata. Kelenjar minyak ini bertugas untuk mengatur keseimbangan kelembapan didalam kelopak mata. Namun, kelenjar minyak ini tersumbat oleh kotoran. Kelenjar minyak dapat tersumbat dan pecah dikemudian hari, dan dapat menyebabkan infeksi.

Setelah pembengkakan terjadi, pasien harus melakukan pengompresan hangat pada kelopak mata untuk membantu membuka pori - pori dan mengurangi penyumbatan pada kelenjar minyak. Gunakan kompres tersebut selama 10 menit dan lakukan 4 kali sehari. Tanpa menimbulkan komplikasi serius, kalazion biasanya hilang setelah 2 minggu setelah pengobatan atau 4 minggu tanpa pengobatan.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kalazion, yaitu :
  • Usaplah secara perlahan kelopak mata dengan kain bersih atau kapas.
  • Jangan memencet atau mencoba untuk menekan mata.
  • Jagalah agar wajah, kulit kepala, alis, dan tangan anda tetap bersih.
  • Batasi penggunaan make up pada mata.
  • Beritahu dokter jika kondisi kalazion tidak hilang setelah 2 minggu pengobatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search