Thursday, April 11, 2019

Mengenal Penyakit Labirinitis

Mengenal Penyakit Labirinitis


Labirinitis adalah radang telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan pusing. Perlu diketahui, bahwa pada organ telinga anda terdapat struktur bernama labirin yang membantu mengatur keseimbangan. Jika labirin mengalami iritasi, labirin mengirim sinyal yang keliru ke otak. Labirinitis sering dihubungkan dengan kondisi kehilangan pendengaran, vertigo, kehilangan keseimbangan, dan mual. Labirinitis adalah kondisi yang umumnya menyerang lebih banyak wanita daripada pria. Labirinitis juga dapat mempengaruhi pasien pada usia berapapun.

Labirinitis adalah kondisi yang biasanya dapat hilang dengan sendirinya, biasanya dalam beberapa hari sampai 2 minggu. Untuk pusing yang parah, dokter mungkin memberikan meclizine. Berbaring dengan mata tertutup di ruangan yang gelap akan membantu menyembuhkan sakit atau pusing yang parah. Ubahlah posisi seperti bangun dari berbaring dengan pelan.

Gejala labirinitis mungkin dapat muncul secara tiba - tiba, biasanya silih berganti, dan berlangsung selama kurang dari satu menit sampai beberapa jam atau beberapa hari. Gejala lainnya meliputi pusing, merasa goyah, hilang keseimbangan, mual, telinga berdenging, lelah dan merasa sakit. Pendengaran secara perlahan menjadi normal pada sebagian besar orang, biasanya dalam waktu 2 minggu. Labirinitis adalah kondisi yang sering disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lainnya yang jarang terjadi adalah infeksi bakteri.

Ada banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan labirinitis, yaitu :
  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Kelelahan
  • Riwayat alergi
  • Baru menderita penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit pernapasan, atau infeksi bakteri
  • Merokok
  • Stress

Gerakan kepala yang disebut manufer epley, bisa menjadi solusi untuk menghilangkan pusing. Sangat penting untuk minum banyak air atau cairan lain, karena dehidrasi dapat memperburuk gejala labirinitis. Antibiotik tidak dapat membantu, karena sebagian besar kasus labirinitis tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotic jika dicurigai adanya infeksi bakteri pada labirinitis.


Labirinitis adalah kondisi yang dapat dicegah dan diobati dengan beberapa perubahan gaya hidup. Antara lain sebagai berikut :
  • Duduk atau berbaring jika merasa pusing.
  • Beritahu dokter jika gejala anda semakin memburuk.
  • Minum banyak cairan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search