Thursday, April 11, 2019

Mengenal Penyakit Langka Ataksia Friedreich

Mengenal Penyakit Langka Ataksia Friedreich



Penyakit ataksia friedreich adalah penyakit genetic langka yang menyebabkan cacat pada system saraf. Penyakit ini dapat menyebabkan kelemahan otot, masalah dengan gerakan, kesulitan berbicara, hingga masalah jantung. Penyakit ataksia friedreich adalah penyakit yang ditemukan oleh dokter Nicholas Friedreich. Selain menemukan patologi ini untuk yang pertama kali pada tahun 1860-an, akhirnya nama dokter friedreich juga digunakan sebagai nama hasil temuannya ini.

Pada dasarnya, ataksia mengacu pada masalah koordinasi dan keseimbangan, terjadi banyak penyakit dan berbagai kondisi medis. Ataksia friedreich adalah penyakit yang menyerang jaringan saraf disumsum tulang belakang dan saraf yang mengontrol gerakan dari lengan dan kaki. Sumsum tulang belakang menjadi lebih tipis dan sel - sel sarafnya kehilangan selubung (myelin, protein kompleks, dan fosfolipid) yang membantu saraf menghantarkan rangsangan.

Gejala utama dari ataksia friedreich adalah sulit berjalan (ataksia gait). Kondisi ini secara bertahap akan bertambah parah dan menyebar ke seluruh tubuh. Tanda - tanda awal yang muncul adalah kelainan pada kaki (kaki bengkok, jari kaki bengkok tanpa sadar, cacat kaki, atau kaki menekuk) dan persendian melemah (terutama di kaki dan tangan). Gejala lainnya termasuk hilangnya gerak reflex dan kaki mati rasa. Lama - lama gejala ini bisa merambat ke bagian tubuh lainnya. Pasien menjadi cepat lelah dan mudah gagap saat bicara perlahan.

Gejala lain dari penyakit ataksia friedreich adalah merasakan nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, dan detak jantung yang abnormal. Seiring dengan berkembangnya penyakit, beberapa pasien mengidap diabetes dan sebagian orang kehilangan pendengaran serta penglihatan. Perkembangan penyakit ini berbeda - beda pada setiap orang, tetapi setelah bertahun - tahun setelah gejala pertama, pasien mungkin perlu menggunakan kursi roda. Kebanyakan pasien meninggal pada usia dini jika memiliki penyakit jantung kronis.

Penyakit ataksia friedreich adalah penyakit yang bisa diturunkan dan dibawa oleh sel autosom, yang artinya hanya bisa didapat oleh kedua gen hasil mutasi dari gen ayah dan ibunya. Saraf jaringan di sumsum tulang belakang dan saraf yang mengendalikan gerakan otot dilengan dan kaki menyebabkan degenerasi motorik. Ataksia friedreich adalah penyakit yang disebabkan oleh mutasi genetic yang biasa disebut FXN. Frataxin adalah sebuah protein yang diperlukan dalam system saraf, jantung, dan pankreas. Protein akan mengalami penurunan didalam tubuh orang yang menderita ataksia friedreich.


Sampai saat ini belum ada metode yang dapat menyembuhkan ataksia friedreich. Namun pengobatan dapat membantu pasien mendapatkan rehabilitasi sebaik mungkin. Terapi fisik dan terapi berbicara bisa dilakukan guna mencegah fungsi tubuh berkurang. Anda juga mungkin memerlukan alat bantu berjalan untuk membantu anda bergerak. Kawat gigi dan perangkat ortopedi atau melakukan berbagai jenis operasi lainnya mungkin diperlukan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search