Thursday, April 11, 2019

Mengenal Penyakit Hematuria

Mengenal Penyakit Hematuria


Pernahkah anda mendengar nama penyakit hematuria ? Hematuria merupakan kondisi terdapatnya sel darah merah pada urin. Kondisi ini dapat menjadi pertanda dari beberapa gangguan yang terjadi pada tubuh anda. Ada dua jenis hematuria, yaitu darah pada urine dapat terlihat dengan mata normal (gross hematuria), atau hanya terlihat dibawah mikroskop (hematuria mikroskopik). Hematuria adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini lebih banyak menyerang wanita daripada pria, dan dapat terjadi dengan pasien pada usia berapapun.

Gejala yang terlihat pada hematuria adalah urine yang berwarna merah muda, merah, atau kecoklatan seperti teh atau cola. Namun, jika terdapat gumpalan darah pada urine, akan terasa sakit dan nyeri. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan adanya darah pada urine, yaitu :

1. Infeksi saluran kemih

Bakteri dapat masuk kedalam tubuh melalui uretra dan tinggal di dalam kandung kemih anda dan menyebabkan infeksi kandung kemih.

2. Infeksi ginjal

Saat bakteri masuk kedalam ginjal dari aliran darah atau naik dari ureter ke ginjal, infeksi ginjal dapat terjadi. Tanda - tanda dan gejala seringkali menyerupai infeksi kemih, namun dapat menyebabkan demam dan nyeri panggul.

3. Batu kandung kemih atau batu ginjal

Kristal dapat terbentuk pada dinding ginjal atau kandung kemih sebagai akibatpengendapan mineral pada urin. Kemudian, Kristal bertransformasi menjadi batu - batu kecil yang umumnya tidak menyakitkan dan mungkin tidak anda sadari kecuali ketika batu menyebabkan penyumbatan atau keluar batu saat berkemih. Batu kandung kemih atau batu ginjal dapat menyebabkan pendarahan saat berkemih

Ada banyak faktor risiko untuk hematuria, yaitu :

  • Berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki pembesaran kelenjar prostat.
  • Mengalami peradangan ginjal akibat infeksi virus dan bakteri.
  • Memiliki sejarah keluarga terhadap penyakit ginjal.
  • Mengkonsumsi aspirin, penawar rasa sakit non steroidal dan antibiotic dalam jangka panjang.
  • Melakukan aktivitas yang berat.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi penyakit hematuria, yaitu :

  • Minumlah banyak cairan, hindari alkohol, dan minuman berwarna lainnya.
  • Batasi asupan garam, protein, dan makanan yang mengandung oksalat.
  • Hindari produk pembersih kewanitaan yang dapat mengiritasi area kewanitaan.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari paparan zat kimia dan racun.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search