Thursday, April 11, 2019

Kenali Gejala Dan Penyebab Cantengan

Kenali Gejala Dan Penyebab Cantengan


Ingrown toenail merupakan nama lain dari kondisi kuku tumbuh kedalam atau yang lebih kita kenal dengan cantengan. Cantengan merupakan kondisi ketika kuku kaki (atau kuku tangan) memiliki bagian akhir yang tajam yang tumbuh kebawah dan kedalam daging jari tangan atau jari kaki. Setiap jari tangan atau jari kaki bisa memiliki kuku yang tumbuh ke dalam, tetapi biasanya terjadi pada jempol kaki. Ingrown toenail yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi kulit dan masalah tulang yang serius.

Kuku cenderung menebal seiring dengan meningkatnya usia, yang mengakibatkan orang yang lebih tua memiliki kuku yang tumbuh kedalam. Anak - anak dan remaja juga cenderung memiliki kuku yang tumbuh kedalam. Hal ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko anda. Gejala yang muncul termasuk kaki yang mengeras, bengkak, dan terasa rapuh di sekitar kuku. Daerah ini menjadi memerah dan sangat sakit serta terasa panas. Kulit tumbuh diatas kuku yang tumbuh ke dalam.

Penyebab kondisi ini salah satunya adalah memakai sepatu yang memiliki ukuran terlalu kecil, memotong kuku dengan cara yang salah, kelainan tulang, atau cedera jari kaki seperti jari kaki tersandung. Orang yang sudah lanjut usia, yang memiliki diabetes, atau yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah  di kaki mereka memiliki peluang lebih besar untuk memiliki kuku kaki yang tumbuh kedalam. Hal ini juga berlaku bagi anak - anak dan remaja yang memakai sepatu yang sempit.

Ada banyak faktor risiko untuk ingrown toenail seperti :

  • Usia
  • Diabetes
  • Aliran darah yang buruk ke bagian kaki

Jika masalah yang terjadi tidak parah, merendam kaki atau tangan pada air sabun yang hangat beberapa kali setiap hari dapat mengurangi masalah. Mengangkat tepi kuku yang tumbuh kedalam dan meletakkan beberapa kapas dibawah kuku untuk memisahkannya dari kaki juga dapat membantu. Untuk kaki yang terlalu parah atau kuku kaki yang tumbuh kedalam, dokter dapat mengangkat bagian dari kuku. Dokter akan melakukan bius pada kaki dan menggunakan gunting untuk memotong kuku yang tumbuh kedalam.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi cantengan, yaitu :

  • Kenakan kaus kaki yang bersih dan sepatu berujung terbuka sementara waktu untuk menyembuhkan kaki anda.
  • Bersihkan dan keringkan daerah sekitar kuku anda setelah mandi.
  • Jagalah kaki anda agar tetap bersih.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search