Wednesday, May 1, 2019

Cara Supaya ASI keluar setelah Melahirkan

Cara Supaya ASI keluar setelah Melahirkan



Tugas seorang Ibu setelah melahirkan adalah menyusui. Namun, adakalanya wanita takut kalau tidak bisa menyusui. Khawatir ASI tidak akan keluar. Padahal sebenarnya bayi sudah diciptakan sepaket dengan ASI. Biasanya ASI akan keluar tiga hari setelah melahirkan, ada juga yang langsung keluar pasca lahiran.

Saat seorang wanita hamil, payudaranya sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan nutrisi bagi bayi yang kelak akan lahir. Sel-sel penghasil ASI mulai memperbanyak diri dan membesar. Di minggu ke-16 air susu ibu sudah mulai diproduksi. Akan tetapi, ketika masih dalam masa kehamilan, aktivitas sel-sel penghasil ASI tersebut masih dihambat oleh hormon kehamilan, sehingga produksi ASI belum terjadi sepenuhnya.

Saat ASI belum keluar jangan panik dan jangan langsung memberikan bayi sufor dan dot, karena sufor dan dot ini akan membuat ASI semakin tidak keluar dan akan membuat bayi mengalami bingung puting. Sebenarnya bayi masih memiliki daya tahan tubuh (tidak akan kelaparan) hingga 2x24 jam sejak lahir, yang dibawa sejak dalam kandungan.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi  ASI tidak langsung keluar. Di antaranya seperti stress, kelebihan berat badan, tekanan dari keluarga dan lain sebagainya. Puting datar sekalipun sebenarnya bisa menyusui, karena bayi menyusu bukan pada puting, tetapi pada areola.

Salah satu cara untuk melancarkan produksi ASI adalah dengan melakukan kontak langsung secara rutin dengan bayi. Tetap susui bayi meski ASI belum keluar, karena hisapan bayi akan merangsang keluarnya ASI.


Selain itu, sentuhan kulit ibu kepada bayi akan meningkatkan hormon oksitosin dan prolaktin yang berperan dalam memproduksi ASI.  Itulah mengapa ketika bayi baru lahir perlu dilakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) bayi diletakkan di dada ibu dan biarkan mencari puting ibunya secara mandiri. IMD ini bisa mencegah ibu mengalami pendarahan.

Alternatif selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan proses tradisional yaitu memijat payudara menggunakan tangan. Pijat payudara selama 10 hingga 20 menit dengan menggunakan tangan setiap dua sampai tiga jam sekali. Cara ini akan membantu tubuh menghasilkan lebih banyak prolaktin yang akan memperlancar produksi ASI.
Dari sekian banyak solusi yang ada, hal yang paling penting adalah tidak panik, santai, tidak stress maupun tertekan. Selalu yakin kalau kita bisa menyusui dan ASI pasti keluar. Bayi dan ASI sudah diciptakan sepaket oleh Tuhan. Tubuh seorang Ibu yang baru melahirkan sudah pasti dapat memproduksi ASI karena hormon dan aliran darah. 


Namun, semuanya tidak akan berlangsung dengan lancar ketika si ibu kurang mendapatkan dukungan dan motivasi dari orang di sekitarnya. Itulah peran keluarga, terutama suami dan ibu sangat penting untuk proses kelancaran menyusui. Ilmu laktasi tidak hanya harus dipahami dan dipelajari oleh seorang istri saja, tetapi suami dan nenek harus memahami ilmu laktasi juga. Motivasi yang kuat dari dalam diri seorang ibu untuk memberikan yang terbaik bagi bayinya akan membuat ASI keluar secara normal dan akan memperlancar proses menyusui.

Perlu diingat juga, produksi ASI tidak bergantung dari apa yang dimakan ibu, tetapi produksi ASI ini sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi wajar jika bayi masih dalam hitungan hari produksi ASI sedikit karena Kebutuhan bayi pun masih sedikit. Lambung bayi NB masih sebesar kelereng dan hanya mampu menampung sekitar empat sendok teh saja. Wajar juga jika bayi sebentar-sebentar menyusu karena lambungnya tidak mampu menampung ASI dalam jumlah banyak.

Seorang wanita penting sekali membekali diri dengan ilmu laktasi selama masih dalam keadaan hamil. Supaya tidak terpengaruh oleh mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Semangat mengASIhi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search