Wednesday, May 1, 2019

Seputar Tumbuh Kembang Anak

Seputar Tumbuh Kembang Anak



Di berbagai grup tumbuh kembang anak dan MPASI saya sering  melihat pertanyaan seperti di bawah ini:
  • “Bunda-bunda anakku usia tiga bulan, kok, belum tengkurap,ya? Miring juga belum bisa. Apakah masih wajar dan normal?”
  • “Bunda anakku usia delapan bulan, kok, belum bisa merangkak, ya, itu normal atau tidak, sih?”

 Pastinya nanti akan ada beberapa komentar, di antaranya:
  • Anakku usia tiga bulan sudah pintar tengkurap.
  • Anakku saja yang lima bulan belum tengkurap, tidak apa-apa bunda biarkan saja nanti juga bisa.
  • Anakku empat bulan masih miring-miring saja, tidak apa-apa bunda itu normal, yang paling penting stimulasi saja, karena tumbang tiap anak beda.
  • Anakku usia enam bulan sudah merangkak.
  • Anakku usia delapan bulan juga belum merangkak. Tidak apa-apa biarkan saja, tidak perlu bingung. 
Nah, kebiasaan para ibu kalau ada yang bertanya seperti itu bukannya memberi saran, tetapi malah fokus membicarakan anaknya masing-masing. Membandingkan anaknya dengan anak orang lain, bukan memberi solusi. Akan tetapi malah membuat si ibu yang bertanya semakin baper dan khawatir.
Memang benar kalau Tumbuh Kembang setiap anak itu berbeda, tetapi bukan berarti terus dibiarkan saja tanpa stimulasi. Menurut orang tua zaman dulu, jika belum waktunya suruh biarkan saja. Namun, menurut WHO stimulasi itu penting.


Mengapa penting? Sebab tiap anak itu beda, ada yang bisa tanpa perlu distimulasi, tetapi ada yang harus distimulasi dulu agar bisa. Bukan berarti anak dipaksa. Kalau dipaksa dan harus bisa itu bukan stimulasi, karena stimulasi itu harus sabar dan telaten. Prosesnya pun lama, tidak instan.

Tumbuh kembang setiap anak memang berbeda, tetapi patokannya bukan anak orang lain. Namun, yang dijadikan patokan aturan dari WHO. Jika, sudah melewati batasan normal, sebagai orang tua harus waspada dan wajib konsultasi minimal ke dokter.

Stimulasi sesuai tahapan usia, jangan ada tahapan yang terlewati. Jika anak belum bisa tengkurap, maka fokus untuk stimulasi tengkurap dulu, baru lanjut stimulasi duduk dan seterusnya. Karena jika anak belum bisa tengkurap, lalu distimulasi duduk maka anak akan semakin sulit distimulasi tengkurap. Begitu juga jika anak belum merangkak dan duduk sudah distimulasi berdiri maka anak akan keasyikan berdiri sehingga malas untuk merangkak dan duduk. Anak tidak akan mengerti minta berdiri kalau ibunya tidak memulai mengajarinya.

Tahapan milestone menurut WHO yang benar adalah tengkurap, duduk, merangkak, merambat dan berdiri lalu berjalan.

Usia berapa batasan anak harus bisa tengkurap?

Batasan normal anak belum tengkurap adalah usia enam bulan. Jika di bawah enam bulan belum bisa tengkurap, berarti masih wajar. Terus stimulasi secara rutin dan sabar serta telaten. Jangan pernah menganggap anak kita malas dan tidak bisa.

Bagaimana cara menstimulasi tengkurap?

Sering latih si kecil miring. Rutin lakukan tummy time. Sering tengkurapkan bayi. Pancing dengan mainan kesukaan bayi agar mencoba tengkurap.

Mulai usia berapa bayi boleh diajari duduk?

Sejak usia empat bulan bayi sudah bisa distimulasi duduk, dengan catatan sudah bisa tengkurap bolak-balik.

Lalu, usia berapakah batasan normal anak sudah harus bisa duduk?

Batasan anak harus bisa duduk usia sembilan bulan. Jika masih di bawah sembilan belum bisa duduk, berarti masih wajar. Namun, jika melebihi sembilan bulan belum bisa duduk, maka harus konsultasi ke dokter atau ke klinik tumbuh kembang anak.

Bagaimanakah cara menstimulasi bayi agar bisa duduk?


Dudukkan si kecil dikelilingi bantal, sandaran di sofa atau dipangku. Setiap mau mendudukkan si kecil sebaiknya ajari prosesnya perlahan mulai dari tidur telentang, miringkan badannya ke kiri. Lalu, telapak tangan kiri menapak kasur, luruskan tangan angkat badannya. Lakukanlah secara rutin dan sabar serta telaten. Jangan marahi si kecil, jika belum sanggup melakukannya. Dorong dan beri semangat.

Batasan normal anak bisa merangkak, usia berapa?

Bayi bisa merangkak antara usia lima bulan sampai empat belas bulan. Berarti kalau masih usia setahun belum bisa merangkak itu masih wajar dan normal. Jika melebihi empat belas bulan, baru konsultasi ke dokter.

Bagaimana cara stimulasi bayi cepat merangkak?

Stimulasi merangkak bisa dimulai dengan mengangkat bagian bokong si kecil sedikit demi sedikit. Bantu menopang badannya dengan tangan secara perlahan hingga dapat merangkak dengan cara maju mundur. Berikan mainan atau sesuatu yang menarik di depan si kecil, sehingga dia berusaha untuk maju. Sering contohkan cara merangkak di depan si kecil.

Lalu, usia berapa anak harus bisa berdiri dan berjalan sendiri?

Anak harus bisa berdiri sendiri antara usia enam bulan sampai lima belas bulan. Sedangkan untuk berdiri sendiri antara usia delapan bulan sampai delapan belas bulan. Jika di bawah itu masih normal dan wajar, tetapi jika melebihi harus konsultasi ke dokter atau klinik tumbuh kembang anak.

Bagaimana cara stimulasi agar bisa cepat berjalan sendiri?



Pancing dengan mainan favorit si kecil di atas kepalanya. Ini akan menantangnya untuk menggapai-gapai mainan tersebut dan berusaha menegakkan badannya.

Ketika si kecil sudah mulai berdiri sendiri, jangan pernah mengagetkannya (suara bernada mengagetkan), karena ini akan membuatnya takut dan malu untuk mencoba berdiri. Biasakan adi kecil duduk dengan kaki memijak ke lantai dan tanpa sandaran. Letakkan mainan pada posisi yang membuat si kecil harus berusaha untuk meraih mainan tersebut, yaitu misalnya mainan diletakkan di lantai dan posisi mainan lebih tinggi darinya. Bisa juga dengan diajak bermain kuda- kudaan, bersepeda, dan bermain sambil berdiri, mendorong kursi atau mainan yang bisa didorong-dorong.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search