Monday, May 13, 2019

Waspadai Akibat Fatal Dari Kelelahan

Waspadai Akibat Fatal Dari Kelelahan


Pemilu serentak telah selesai dilaksanakan. Namun, penyelenggaraan pemilu kali ini meninggalkan duka yang mendalam. Lebih dari 300 petugas KPPS dan pasukan pengamanan gugur dalam melaksanakan tugas. Gugurnya para pahlawan demokrasi tersebut ditenggarai karena kelelahan ekstrim yang mereka alami. Sebagian dari mereka bahkan tidak tidur dan tidak beristirahat sama sekali lebih dari 24 jam. Hal inilah yang membuat satu persatu petugas KPPS dan petugas keamanan tumbang usai pemilu serentak dilaksanakan.

Kejadian kelelahan ekstrim lumrah terjadi di Negara jepang. Kita mengenal bahwa Negara jepang terkenal akan penduduknya yang gila kerja. Mereka rela tidak tidur, mengorbankan kesehatan untuk perusahaan tempat mereka bekerja. Budaya gila kerja ini disebut karoshi. Sedangkan fenomena kematian karena kelelahan yang begitu massive baru pertama kali terjadi di Indonesia, tepatnya pada pemilu serentak tahun 2019. Mereka rela bekerja sejak sehari sebelum pencoblosan untuk menyiapkan tempat pemungutan suara, melaksanakan kegiatan pemungutan suara, menghitung hasil suara, sampai menyerahkan hasil rekap pemungutan suara ke kecamatan keesokan harinya. Mereka bahkan tidak sempat untuk tidur dan beristirahat selama lebih dari 24 jam.

Bekerja terlalu lama atau terlalu giat bisa menyebabkan level strss yang sangat tinggi. Terlebih lagi jika sebelumnya anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Saat dalam kondisi stress, jantung anda akan bekerja lebih keras dari sebelumnya. Kedua risiko itulah yang kemudian meningkatkan pula risiko terjadinya serangan jantung dan gagal jantung, terutama pada mereka yang telah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Sebenarnya, hubungan antara jam kerja yang panjang dan penyakit jantung sendiri belum bisa dijelaskan secara gamblang. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa hormone kortisol dan epinephrine yang dilepaskan saat stress, turut menyumbamg masalah jantung pada mereka yang bekerja lembur. Sebenarnya, kelelahan sampai menyebabkan kematian bisa saja terjadi. Menurut dr. yeung, kematian akibat gagal jantung yang disebabkan oleh stress sangat mungkin, tetapi kasusnya sangat jarang.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah kelelahan fatal saat bekerja, yaitu :

  • Makan camilan sehat ditengah pekerjaan.
  • Hindari makanan/minuman bergula siap saji.
  • Tidur cukup.
  • Hindari pemicu stress.
  • Kurangi konsumsi kafein.
  • Cukup minum.
  • Bercanda dengan rekan kerja. Humor diketahui dapat meningkatkan fungsi jantung dan produktivitas kerja.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search