Tuesday, May 28, 2019

Ketahui Bahaya Menggigit Kuku

Ketahui Bahaya Menggigit Kuku


Menggigit kuku merupakan sebuah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Bagi sebagian orang, menggigit kuku mungkin merupakan salah satu cara yang paling praktis untuk memotong kuku dibandingkan jika menggunakan gunting kuku. Banyak bahaya atau masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan jika anda tetap melakukan kebiasaan menggigit kuku. Berikut ini akan dikupas secara tuntas mengenai bahaya dari kebiasaan menggigit kuku.

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan menggigiti kukunya sendiri, baik oleh anak - anak maupun orang dewasa. Kebiasaan ini terkadang sulit untuk dihentikan, hal ini dikarenakan menggigiti kuku dinilai sebagai cara yang paling praktis untuk memotong kuku. Kebiasaan ini dalam istilah medis disebut onychophagia. Menggigit kuku sebenarnya memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita.

Berikut ini merupakan beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari kegiatan atau kebiasaan menggigit kuku, yaitu :

1. Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi jika anda sering menggigiti kuku anda, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku anda tercabut, maka kulit halus dibawah kuku akan terlihat. Bagian lapisan halus tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Infeksi yang paling sering terjadi pada bagian halus dibawah kuku adalah paronikia. Paronikia adalah infeksi kulit yang muncul disekitar kuku jari tangan atau jari kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

2. Kutil periungual

Kutil jenis ini sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan menggigiti kuku. Pada umumnya, ukuran kutil yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, seiring dengan pertumbuhan kutil yang membesar dan menyebar, rasa sakit pun semakin bertambah. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, penampilan disekitar kuku tersebut akan terlihat buruk. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh HPV yang bisa masuk melalui goresan atau luka. Maka dari itu, kutil periungual dapat terjadi pada anda yang sering menggigiti kuku.

3. Herpetic whitlow

Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Virus ini masuk melalui kulit jari yang terbuka dan terkena cairan HSV. Gejala yang paling sering muncul dari penyakit ini adalah demam dan rasa kebas pada jari yang terkena infeksi.

4. Peradangan pada kuku

Bahaya dari menggigiti kuku yang paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku anda. Hal ini dapat terjadi karena didalam air liur anda mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan makanan. Karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku dapat membahayakan kulit jari anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah - pecah, dan merusak kulit disekitar kuku anda.

5. Sakit perut


Kebiasaan menggigiti kuku juga dapat membahayakan kesehatan perut anda. Hal tersebut terjadi karena bakteri yang bersembunyi pada kuku anda tertelan dan masuk kedalam organ pencernaan sehingga dapat menimbulkan sakit perut.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search