Wednesday, May 1, 2019

Ketahui Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Selama Bulan Puasa

Ketahui Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Selama Bulan Puasa


Jangan jadikan puasa sebagai halangan anda untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh. Olahraga saat puasa juga bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk membakar kalori lebih banyak sehingga anda bisa menurunkan berat badan saat puasa. Namun, sebaiknya jangan sembarang berolahraga dibulan puasa, karena bisa jadi anda justru kelelahan dan kehilangan banyak cairan tubuh. Tetap perhatikan waktu dan intensitas olahraga agar tidak mengganggu ibadah puasa anda.

Olahraga saat perut anda kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Hal ini dapat membuat anda merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, hingga dehidrasi. Olahraga berat saat puasa juga dapat menyebabkan kerusakan otot dan juga dapat meningkatkan hormone stress dalam tubuh. Sehingga, untuk mencegah hal ini, anda harus pandai mencari waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa. Sebenarnya, waktu yang paling tepat untuk berolahraga saat bulan puasa tergantung diri anda sendiri. Selama anda tidak merasakan lemas dan pusing setelah berolahraga, ini tidak menjadi masalah.

Berikut ini merupakan beberapa waktu yang pas untuk berolahraga dibulan puasa, yaitu :

1. Sebelum buka puasa

Anda bisa melakukan olahraga sesaat sebelum anda berbuka puasa untuk membakar lemak lebih banyak. Tentu ini menguntungkan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Melakukan olahraga disaat perut kosong bisa membantu anda dalam menghilangkan lemak lebih banyak. Setelah anda berolahraga, kemudian anda bisa makan saat buka puasa untuk mengganti energy anda yang hilang. Sehingga waktu olahraga sebelum berbuka puasa mungkin merupakan waktu olahraga yang baik. Anda mungkin tidak perlu khawatir mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Namun, hal yang perlu diingat adalah jangan memaksakan diri anda untuk melakukan olahraga yang berlebihan hanya agar bisa membakar lemak lebih banyak. Karena anda masih dalam keadaan berpuasa dan dengan sisa energy yang sedikit, sehingga olahraga anda perlu dibatasi maksimal 60 menit. Jangan sampai anda merasa sakit, pusing, dan lemas setelah berolahraga.

2. Setelah buka puasa

Ini adalah waktu terbaik bagi anda untuk olahraga selama bulan puasa. Anda bisa brolahraga 2 sampai 3 jam setelah buka puasa. Tunggu sampai makanan anda habis dicerna oleh tubuh sehingga anda mendapatkan energy kembali untuk melakukan olahraga. Karena anda sudah mendapatkan asupan energy kembali, anda bisa melakukan olahraga apapun yang anda inginkan saat ini, mulai dari olahraga dengan intensitas ringan seperti jogging, main bulu tangkis atau berjalan - jalan, sampai olahraga dengan intensitas berat seperti latihan beban untuk meningkatkan massa otot.

3. Setelah sahur


Anda juga dapat berolahraga setelah sahur. Tubuh anda telah menerima energy dari makanan yang anda makan saat sahur, sehingga anda juga bisa melakukan olahraga saat ini. Namun, sebaiknya olahraga yang anda lakukan setelah sahur adalah olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik anda lakukan untuk menjaga kebugaran selama anda menjalankan ibadah puasa.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search