Wednesday, May 1, 2019

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Berpuasa

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Berpuasa


Salah satu kendala yang paling banyak dialami saat menjalankan ibadah puasa adalah naiknya asam lambung. Asam lambung yang naik menyebabkan perut terasa sangat perih. Asam lambung yang naik disebabkan karena tidak adanya makanan yang dicerna oleh tubuh, sedangkan enzim pencernaan terus diproduksi oleh tubuh. Hal ini menyebabkan enzim pencernaan naik ke lambung sehingga mengikis organ lambung dan menyebabkan rasa perih pada perut. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara mengatasi asam lambung yang naik saat menjalankan ibadah puasa.

Menjalani ibadah puasa saat asam lamung naik, pasti sangat tidak menyenangkan. Tak hanya ibadah yang terganggu, namun anda akan merasakan ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas sehari - hari. Oleh karena itu, jangan sampai karena asam lambung anda naik, dapat mengganggu aktivitas dan ibadah anda selama bulan ramadhan. 

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik selama anda menjalankan ibadah puasa, yaitu :

1. Pastikan untuk tidak melewati waktu sahur

Menjalani puasa saat asamlambung sedang naik bisa menjadi sumber kekacauan kesehatan anda pada hari tersebut. Untuk menghindarinya, anda harus makan ketika sahur. Melewatkan makan sahur dapat memperparah kondisi asam lambung anda ketika siang hari, sebab perut anda akan kosong selama seharian. Makanan yang masuk kedalam perut anda saat sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Jangan menunda waktu berbuka puasa

Setelah tidak makan dan minum lebih dari 12 jam, perut anda yang kosong tersebut harus segera diisi dengan makanan. Jangan menunda - nunda untuk mengisi perut anda saat berbuka. Perut butuh untuk mencerna makanan, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa langsung digunakan untuk memecah makanan yang masuk.

3. Makan dengan perlahan

Salah satu hal yang perlu diingat bila menjalani puasa saat asam lambung naik adalah makan dengan perlahan saat berbuka puasa. Boleh saja anda merasakan lapar saat berpuasa dan berambisi untuk makan sebanyak - banyaknya ketika berbuka puasa, tetapi jangan mengikuti hawa nafsu anda untuk makan dengan lahap tanpa mengunyah secara sempurna. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar, justru akan memicu asam lambung anda semakin meningkat. Oleh sebab itu, makanlah dengan perlahan dan nikmati makanan anda.

4. Makan dengan porsi kecil

Mengkonsumsi makanan dalam porsikecil namun sering adalah salah satu kunci untuk mencegah asam lambung anda naik. Meskipun anda merasa sangat lapar ketika waktu berbuka puasa datang, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak terlebih dahulu. Perut anda perlu waktu untuk mencerna makanannya. Apabila anda langsung makan dalam porsi banyak, justru akan merangsang asam lambung anda naik lagi.

5. Hindari hal - hal yang merangsang asam lambung naik

Tidak hanya mengatur porsi makan saja, bagi and ayang memiliki riwayat penyakit asam lambung, maka memilih makanan yang tepat juga harus dilakukan. Beberapa makanan yang dapat merangsang naiknya asam lambung yaitu :
  • Minuman bersoda
  • Tomat
  • Bawang
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak tinggi
  • Makanan dan minuman berkafein
  • Berbagai macam jeruk



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search