Wednesday, May 1, 2019

Dapatkan Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Dapatkan Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan


Kurang dari seminggu lagi umat muslim di seluruh dunia dan lebih khususnya di Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan ramadahan. Puasa ramadhan merupakan suatu ritual ibadah dimana seseorang menahan haus, lapar, dan hawa nafsu mulai dari terbit fajar (setelah sahur) sampai terbenamnya matahari (berbuka puasa). Selama periode puasa tersebut, seseorang akan banyak kehilangan cairan tubuh. Puasa ramadhan dilaksanakan selama satu bulan penuh atau 30 hari dibulan ramadhan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat dari menjalankan ibadah puasa.

Puasa ramadhan adalah ibadah wajib yang dilakukan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia. Beberapa literatur menyebutkan bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain dapat mengurangi kadar gula darah serta kolestrol dalam tubuh, berpuasa juga memiliki banyak manfaat lainnya. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan didapatkan tubuh manusia dengan berpuasa, yaitu :

1. Puasa membersihkan racun (detoksifikasi)

Makanan olahan yang dikonsumsi setiap hari mengandung banyak zat tambahan, dan zat ini bisa menjadi racun dalam tubuh apabila tidak di keluarkan. Proses penyaringan melalui organ hati saja tidak cukup, sehingga diperlukan upaya lain untuk membersihkan racun - racun didalam tubuh, salah satunya adalah dengan berpuasa. Berpuasa dapat membatasi asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi, karena dalam ibadah puasa, anda tidak bebas mengkonsumsi makanan dan minuman pada siang hari. Sehingga, ketika anda beraktivitas, tubuh anda akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak dan melakukan pembakaran lemak - lemak yang ada pada tubuh kita, sehingga racun - racun dalam tubuh keluar semuanya melalui keringat yang kita keluarkan.

2. Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan

Manfaat puasa ramadhan yang paling terasa bagi tubuh yaitu kerja organ pencernaan yang tidak terlalu berat di siang hari karena diistirahatkan. Fungsi fisiologis normal tetap berlanjut terutama produksi sekresi dalam organ pencernaan, namun berlangsung pada tingkat yang lebih rendah. Proses ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dalam keadaan berpuasa, saluran pencernaan akan beristirahat beserta enzim dan hormone yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan secara terus menerus pada hari normal.

3. Puasa mengurangi gula darah

Bila anda menghabiskan waktu berjam - jam tanpa makan, gula darah akan turun. Tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan energy saat anda sedang berpuasa.

4. Puasa meningkatkan imunitas


Bagi orang yang menerapkan pola makan seimbang diantara waktu berbuka dan sahur, maka akan mendapatkan bonus berupa kekebalan tubuh yang meningkat. Ketika berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah - buahan, Hal itu akan meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral essensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A dan E merupakan antioksidan yang baik yang tersedia dalam buah. Zat - zat tersebut membantu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh seseorang. Samgat disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah diwaktu berbuka dan sahur, karena selain kandungan airnya yang melimpah sehingga dapat menggantikan cairan tubuh selama berpuasa, juga karena buah mengandung banyak vitamin yang akan membuat tubuh tetap fit dan mampu memproduksi energy kembali.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search