Wednesday, May 1, 2019

Tips Tetap Bugar Di Bulan Ramadhan

Tips Tetap Bugar Di Bulan Ramadhan


Bulan Ramdhan merupakan bulan suci bagi umat islam. Bulan ramadhan merupakan waktu bagi umat islam untuk menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Selama menjalankan ibadah puasa, tentunya cairan tubuh banyak terkuras karena terhentinya asupan makanan dan minuman selama siang hari. Hal ini menyebabkan sebagian orang merasa lemas saat berpuasa bahkan enggan beraktifitas karena takut akan mengalami kelelahan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips yang dapat anda lakukan supaya tubuh tetap fit dan bugar selama bulan ramadhan.

Sebagai umat muslim, tentunya kita menginginkan hasil maksimal dalam beribadah selama bulan Ramadan. Kita tentunya tidak ingin mengalami kelesuan dan kelelahan selama menjalankan ibadah puasa. Karena apabila kita mengalami hal tersebut, maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal selama berpuasa yaitu berupa kesehatan tubuh dan pahala yang besar tentunya. Meskipun perut kosong sejak pagi hingga magrib, jangan jadikan alasan ini untuk malas beraktivitas selama bulan ramadhan. Karena malas beraktivitas selama bulan ramadhan akan menyebabkan kita tidak memiliki amalan yang banyak selama bulan ramadhan, dan bulan ramadhan-pun akan terlewatkan dengan sia - sia.

Untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa, Beberapa hal berikut ini perlu kita perhatikan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan ramadhan. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa adalah :

1. Mengakhirkan Makan sahur

Disunnahkan untuk mengakhirkan waktu makan sahur dengan waktu yang tidak jauh dengan sholat subuh. Hal tersebut telah dicintohkan oleh nabi Muhammad, bahwa beliau selalu makan sahur mendekati waktu imsak. Setelah itu, beliau langsung bergegas kemasjid untuk menunaikan sholat shubuh. Hikmah mengikuti sunnah nabi dengan mengakhirkan waktu sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Diantaranya adalah tubuh akan memiliki tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan untukdirubah menjadi energy, sehingga tubuh tidak akan lemas pada siang hari.

2. Hindari tidur setelah makan sahur

Kebanyakan orang langsung tidur setelah makan sahur. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah karena makan sahur saat masih tengah malam atau masih jauh dari waktu terbitnya fajar. Selain tidak mengikuti sunnah nabi untuk mengakhirkan waktu sahur, Keadaan ini akan membuat tubuh semakin lemas pada siang hari, karena makanan sahur telah habis dicerna tubuh, sehingga hanya mampu menghasilkan sedikit energy pada siang hari.

3. Tidur Cukup

Usahakan untuk cukup tidur agar sel - sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Masing - masing orang berbeda - beda dalam memenuhi kebutuhan jam tidurnya, yang penting jangan sampai berlebihan. Tidur berlebihan dapat menyebabkan tubuh loyo, kulit wajah menjadi kering, dan tidak segar. Usahakan untuk tidur disiang hari maksimal 1 jam. Bila telah selesai menjalankan ibadah shalat tarawih usahakan tidur sesegera mungkin dan hindari begadang serta aktivitas serupa.

4. Berbukalah dengan makanan dan minuman yang manis


Saat berbuka puasa, awali dengan makanan atau minuman yang manis seperti kurma atau teh manis, atau minuman manis lainnya. Demikian juga rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma, dan bila tidak memiliki kurma, maka hendaklah dengan air. Memberi sesuatu zat yang manis pada tubuh saat perut dalam keadaan kosong, dapat diterima dengan mudah oleh tubuh, sehingga menyebabkan energy lebih cepat pulih dan tubuh akan menjadi kuat kembali.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search